UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI VIDEO ANIMASI DENGAN KARAKTER LOOMIE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 KARANGRANDU

Nihlatun Niswah, Vannesa Almayra Nugoho, Syifa Fauziah

Abstract


Numerasi menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik di era abad 21 ini. Kemampuan numerasi sangat diperlukan dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik melalui pemberian pendampingan pembelajaran menggunakan media berbasis video animasi dengan karakter Loomie pada peserta didik kelas IV SDN 3 Karangrandu. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi peserta didik yang diketahui dari hasil rata-rata pada post-test siklus I dan siklus II pada materi KPK dan FPB yang menerapkan pendampingan pembelajaran menggunakan video animasi dengan karakter loomie. Nilai rata-rata dari pretest yaitu 13,5. Hasil rata-rata nilai siklus 1 yaitu 63 maka belum menunjukkan hasil yang baik maka dilakukan siklus 2 dan mendapatkan rata-rata nilai 80. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dari sebelum adanya pendampingan pembelajaran menggunakan media video animasi.

Kata kunci: kemampuan numerasi, media pembelajarann, video animasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.