ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS TUJUH SMP ISLAM AL AZHAR YOGYAKARTA

R.M. Luluk Herdiawan, Ageng Triyono, Teguh Wibowo

Abstract


ABSTRAK

            Kemampuan berpikir kritis siswa SMP di Indonesia masih rendah maka perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bahan ajar yang dapat memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui observasi, pemberian soal pretest, wawancara, dan studi literatur. Subyek yang terlibat terdiri dari 1 orang guru matematika, 1 orang kepala sekolah dan 18 siswa SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, soal pretest kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sekolah tersebut membutuhkan bahan ajar berupa e-modul berbasis flipbook yang bermuatan; (1) pendekatan inkuiri termbimbing; (2) soal-soal dengan indikator berpikir kritis, dan; (3) mendukung metode pembelajaran asinkron.

 

 

Kata kunci:  inkuri terbimbing, berpikir kritis, e-LKPD, flipbook


Refbacks

  • There are currently no refbacks.