LITERASI NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIABANG TENGAH 1 BEKASI UTARA

Chrisnaji Banindra Yudha, Budiono Budiono, Nurmulia Diniarti, Nadrotul Uyun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 1,2 dan 3. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang dikumpulkan adalah hasil pemecahan masalah dilakukan oleh siswa SD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen tes terdiri dari soal literasi dan pertanyaan berhitung. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa siswa dapat mengerjakan soal literasi dengan baik walaupun ketelitian dalam mengerjakannya pada soal masih kurang, sedangkan pada soal berhitung yang masih ditemukan kesalahan literasi berhitung sehingga kemampuan berhitung siswa dan kemampuan literasi masih perlu ditingkatkan.

 

Kata kunci: Literasi Numerasi, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.