AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Putri Nita Artavia, Meilan Arsanti

Abstract


Abstrak

Pendidikan nasional memiliki tujuan dan fungsi bahwa setiap jenjang harus diselenggarakan secara sistematis untuk mencapai sebuah tujuan. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter dalam pendidikan sehingga peserta didik dapat beretika, bermoral, sikap sopan santun, dan dapat berinteraksi dengan masyarakat. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengidentifikasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) mengidentifikasi nilai-nilai karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dilatar belakangi bahwa setiap siswa harus memiliki karakter yang baik pada proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Manfaat dari  penelitian ini adalah supaya peserta didik dapat memahami bagaimana  pentingnya pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi atau pengamatan. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode yang dilakukan dengan cara memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah nilai yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia ialah nilai kejujuran, kesopanan, saling menghargai, peduli pada lingkungan dan cinta tanah air. Hal tersebut memerlukan peran seorang guru dalam pelaksanaannya.

Kata kunci: pendidikan karakter, bahasa Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.