AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Intan Rahayu Widyaning Tyas, Meilan Arsanti

Abstract


Karakter atau sikap merupakan hal penting yang harus ada di dalam diri seseorang. Karena, karakter seseorang dapat menentukan bagaimana pembangunan dan pengembangan bangsa Indonesia. Dari banyaknya faktor, salah satu penyebab berkembangnya karakter dari seseorang yaitu dari Sekolah. Menurut Anshari, faktor utama gagalnya bangsa Indonesia membentuk akhlak peserta didik dikarenakan kurang maksimalnya pendidikan akhlak di Sekolah. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan Kurikulum Merdeka dengan menerapkan Profil Pelajar Pencasila yang dapat mengembangkan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sikap dan karakter peserta didik dengan menerapkan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di Sekolah dengan menerapkan Profil Pelajar Pancasila ada 6 poin, (1) Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia ; (2) Berkebinekaan Global; (3) Bergotong Royong; (4) Mandiri; (5) Bernalar Kritis; (6) Kreatif. Dapat disimpulkan bahwa Profil Pelajar Pancasila dapat dan cocok diterapkan di sekolah untuk mengembangkan karakter peserta didik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.