KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
Abstract
ABSTRAK
Â
Perubahan kegiatan pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring dan menjadi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas menuntut adanya kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk megetahui kesiapan guru Sekolah Dasar kelas tinggi dalam pembelajaran tatap muka tebatas di Wilayah Korwilcam Dindik Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei dengan subjek dengan total responden sebanyak 24 guru kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri Ledug, SD Negeri 3 Dukuhwaluh, SD Negeri 3 Linggasari dan SD Negeri Larangan berdasarkan rekomndasi dari Korwilcam Dindik Kembaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori “Sangat Siap†87,50% (21 guru), kategori “Siap†12,50% (3 guru) kategori “Cukup Siap†0% (0 guru), kategori “Tidak Siap†0% (0 guru), dan kategori “sangat tidak siap†0% (0 guru). Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata responden mendapat kategori “Sangat Siap†sebesar 87,80% dengan total 21 responden. Hasil analisis data menunjukan bahwa kesiapan guru sekolah dasar kelas tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dikatakan sangat siap
Â
Kata kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kesiapan Guru, Sekolah Dasar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriani Ana, Wakhudin. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (2), 51-63.
Batubara, B. M. (2021). The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 4 (1), 450-457.
Indriani, D. S. (2014). Keefektifan Model Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education, 3 (2), 21-27.
Irawan, D. (2017). Developing Process Approach-Based Reading Textbook for Grade IV Students. Jurnal Prima Edukasia, 5 (2), 139-150.
Kecil, L. (2018, Agustus 03). Mengenal Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Retrieved from Blog Pendidikan
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1 (2), 113-123.
Onde, M. K. L. O. dkk, (2021). P Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6).
Pengajar, Guru. (2020, Juli 8). Karakteristik Siswa SD Menurut Ahli.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H. B. & Lamatenggo, N., (2018). Tugas guru dalam pembelajaran aspek yang mempengruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, W. & Gunawan, R. M. B. (2021). Effect of grit on the teaching creativity of Indonesian teachers: The mediating role oforganizational commitment and knowledge management. Cogent Education, 8 (1), 1-17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.