MONOPOLI: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOPEDAGOGI

Hidayatul Ngilmiah, Aji Heru Muslim, Dedy Irawan

Abstract


Seorang guru dapat menciptakan proses pembelajaran agar terjadinya interaksi timbal balik antar guru dan siswa serta menjadi lebih efektif dan efisien dengan menggunakan media pembelajaran. Permasalahan yang masih muncul dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yaitu masih belum optimal pembelajaran tentang kearifan lokal. Salah satu inovasi media pembelajaran yang menyenangkan serta mengenalkan kearifan lokal untuk digunakan dalam pembelajaran adalah media monopoli berbasis etnopedagogi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan serta mengetahui respon guru dan peserta didik dalm penggunakan media pembelajaran monopoli berbasis etnopedogogik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development(R & D) model ADDIE. Hasil validasi media pembelajaran monopoli berbasis etnopedagogi pada penelitian ini diperoleh skor rata-rata yaitu 86% termasuk kriteria sangat valid. Hasil tanggapan guru dan peserta didik mendapat tanggapan positif dengan perolehan skor rata-rata tanggapan guru yaitu 87% termasuk kriteria sangat baik dan skor rata-rata tanggapan peserta didik yaitu 95% termasuk kriteria sangat menarik. Berdasarkan analisis dari angket validator, respon guru dan peserta didik, maka media pembelajaran monopoli berbasis etnopedagogi telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Hal ini menunjukan bahwa kearifan lokal berhasil diaplikasikan pada pembelajaran di sekolah dasar jika pelaksanaannya disajikan dengan kegiatan pembelajaran yang inovatif seperti media pembelajaran berbasis kearifan lokal.

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Al Fath, Ayatullah Muhammad. & Muslim, Aji Heru, (2022) Penggunaan media KGW (karton gambar wayang) pada pembelajaran tematik di SDN Pendem II Sragen. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(1): 1-13

Branch Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.

Fitriyawani. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, (13), (2): 223-239.

Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Menghadapi Kesenjangan Digital dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi di Indonesia, Indonesian Journal of Social Development, (1), (1): 51-72.

Magta, M. (2013). Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–232.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muslim, Aji Heru & Supriatna. (2016), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pkn Model Cooperative Tipe Tgt Berbasis Atong Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2): 1-14.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, (3), (1): 171-187.

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan media gayanghetum (Gambar wayang hewan dan tumbuhan) dalam pembelajaran tematik terintegerasi kelas 5 SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70.

Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi pengembangan media wayang kerton pada tema kegiatan sehari-hari. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 163–170.

Ridwan, M. 2014. Kurikulum 2013 dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan tema Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya, Pascasarjana UNESA Tahun 2014, 102-108.

Siskawati, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Jurnal of Social Studies, (4), (1): 72-80.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Sartini. 2010. Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 14 (2): 111-120.

Sularso. 2016. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1): 73-79

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Surya, P. (2011). Kepemimpinan Etnopedagogi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Dinamika, Universitas Negeri Yogyakarta, (1), (6): 85-100.

Tilaar, H.A.R. (2015). Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.