MONOPOLI: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOPEDAGOGI
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Al Fath, Ayatullah Muhammad. & Muslim, Aji Heru, (2022) Penggunaan media KGW (karton gambar wayang) pada pembelajaran tematik di SDN Pendem II Sragen. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(1): 1-13
Branch Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.
Fitriyawani. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, (13), (2): 223-239.
Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal sebagai Menghadapi Kesenjangan Digital dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi di Indonesia, Indonesian Journal of Social Development, (1), (1): 51-72.
Magta, M. (2013). Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–232.
Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Muslim, Aji Heru & Supriatna. (2016), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pkn Model Cooperative Tipe Tgt Berbasis Atong Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2): 1-14.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, (3), (1): 171-187.
Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan media gayanghetum (Gambar wayang hewan dan tumbuhan) dalam pembelajaran tematik terintegerasi kelas 5 SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70.
Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi pengembangan media wayang kerton pada tema kegiatan sehari-hari. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 163–170.
Ridwan, M. 2014. Kurikulum 2013 dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan tema Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya, Pascasarjana UNESA Tahun 2014, 102-108.
Siskawati, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Jurnal of Social Studies, (4), (1): 72-80.
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Sartini. 2010. Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 14 (2): 111-120.
Sularso. 2016. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1): 73-79
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Surya, P. (2011). Kepemimpinan Etnopedagogi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Dinamika, Universitas Negeri Yogyakarta, (1), (6): 85-100.
Tilaar, H.A.R. (2015). Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas
Refbacks
- There are currently no refbacks.