Analisis Penguunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Intan Pratiwi

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu yang yang harus dimiliki
siswa untuk menjawab tantangan zaman abad 21 merupakan era dimana industri
digital telah menjadi paradigma dan acuan dalam tatanan kehidupan saat ini
khususnya dalam dunia pendidikan.Pendidik memberikan masalah kepada siswa
untuk dipecahkan bersama sama dan mencari solusi atas permasalahan tersebut
dengan berdiskusi atau menggunakan teori yang sedang dipelajari dengan adanya
media animasi ini diharapkan mampu meningkatkan berpikir kritis siswa dalam
menghadapi peluang dan tantangan abad 21.Penelitian ini bertujuan untuk melihat
penggunaan media pembelajaran animasi yang menarik dan efektif dan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Man 1 Muaro
Jambi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif,dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara
mendalam,subjek penelitian ini adalah guru fisika di Man 1 Muaro Jambi,hasil dari
penelitian ini menujukkan masih rendahnya tingkat keterampilan berpikir kritis
peserta didik karena biaya media yang mahal yaitu komputer dan infokus,
keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah, jumlah siswa yang terlalu besar pada
kelas, tidak pernah diberikan pelatihan penggunaan komputer disekolah, tidak mampu
dalam penggunaan komputer, tidak seluruh guru memiliki latar belakang mampu
dalam penggunaan komputer dan disarankan kepada pihak sekolah untuk
menyediakan komputer atau laptop dan infokus serta memberikan pelatihan
penggunaan komputer disekolah sehingga seluruh guru mampu menggunakan dan
menerapkan pada penggunaan media berbasis komputer.


Full Text:

PDF

References


A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004).Multimedia-based Instructional Design.California: Pfeiffer.

Abidin, Mustika. 2018. “Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anakâ€.Jurnal Bone: Institut Agama Islam Negeri Bone.

Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2018). Pengaruh model Pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.Jurnal Bioterdidik:Wahana Ekspresi Ilmiah,6(3),1-9.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Angkowo dan Kosasih.,(2007), Optimalisasi Media Pembelajaran, Grasindo, Jakarta.

Annisa,N. A., dan L. Kurniasih.(2012).Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance.Jurnal Akuntansi & Auditing,Volume 8, No. 2, 95-189.

Aqib, Zainal.(2013).Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Sitanala. 2010. Konservasi Tanah dan Air. Bogor : IPB Press.

Aziz Abdul. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Al-Masthuriyah,Skripsi, UIN Syarief Hidayatullah. Jakarta.

Aziz Alimul, Hidayat.(2007).Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data.Jakarta:Salemba Medika

Budiman, Hafid.(2007). Pengembangan Analitik Inverse Kinematics dan Simulasi Pergerakan Milling Robot 5 derajat kebebasan.Program Pascasarjana. Universitas Indonesia. Jakarta.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.).California: Sage Publishing.

Daryanto, Karim Syaiful(2017).Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Yogyakarta.

Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 39-48.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. (Alih Bahasa: Benyamin Hadinata). Jakarta: Erlangga.

Husnidar, dkk.(2014).“Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswaâ€. Jurnal Didaktik Matematika. /Vol 1 (1): 71-82.

Ismaimuza, D.(2013).Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa SMP.Prosiding Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNTAD, Palu.

Made, Wena.(2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer:Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an aid multimedia learning.Journal educational psychology review, Vol. 14, No.1,

Muhson, Ali. (2010) “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 8 No 2 Tahun 2010. Ha 1-10.

Nasution, S. (2010). Diktatik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah.

Jakarta: Kencana.

Nurseto,Tejo.(2011).“Membuat Media Pembelajaran yang Baikâ€.Jurnal Ekonomi & Pendidikan,Volume 8, Nomor 1: halaman 19-35.

Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Sangadji , Etta Mamang & Sopiah. (2010).Metodologi Penelitian–Pendekatan Praktis dalam Penelitian.Yogyakarta:ANDI.

Santyasa, I Wayan.(2007).Landasan Konseptual Media Pembelajaran.Makalah disajikan dalam workshop media pembelajaran bagi guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan Klungkung.

Selwyn, Neil.(2011).Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

Solihatin, Etin.(2012). Strategi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono.(2011).Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung. Sukiman,(2012).Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Sukmadinata,Nana Syaodih.(2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2015).Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Uno, Hamzah.B, dan Nina Lamatenggo.(2012).Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahidmurni.(2008).Penilaian Tindakan Kelas dari teori menuju Praktik. Malang: UM PRESS.

Wahyuni, MalakaMH, Yanti NA, Hartati R, Sukrasno, Sahidin I.(2018), Radical scavenger and antibacterial potencies of phenolic compounds from (Anacardium occidentale L.) Stem barks growing in South East Sulawesi-Indonesia.Indian Journal of Pharmaceutical Sciences. 80(1): 143-149.

Warsita, Bambang.(2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya.Jakarta: Rineka. Yani, Ahmad dan Ruhimat, Mamat. (2018).Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik

Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Yusuf Hadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.