Analisis Aspek Kognitif Melalui Google Form pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Angelina Martha Yuniar

Abstract


Aspek kognitif merupakan salah satu penilaian yang menjadi tuntutan di kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek kognitif pada materi Hukum Newton melalui google form pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMA PGRI 4 Jakarta. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penlitian ini adalah siswa kelas X di SMA PGRI 4 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu 52 siswa. Dari data diperoleh menggunakan instrumen tes aspek kognitif melalui google form. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian ini yaitu aspek kognitif siswa pada materi Hukum Newton di SMA PGRI 4 Jakarta dapat digolongkan baik. Dibuktikan dari nilai standar deviasi lebih kecil dari mean yaitu 66.56<70.11. Maka dapat disimpulkan bahwa kognitif siswa di SMA PGRI 4 Jakarta berkategori baik. Aspek kognitif sangat penting maka dari itu penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Eril. (2020, 05 27). Retrieved 10 10, 2020, from qwords.com: https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/

Febryana, A. (2017). Retrieved 10 10, 2020, from http://tugasanakperkuliahan.blogspot.com/2017/01/evaluasi-pembelajaran kurikulum201

Hamdan Husein Batubara, Dessy Noor Ariani. (2016). WORKSHOP PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PADA DOSEN-DOSEN FAKULTAS STUDI ISLAM. Al-Ikhlas.

Jaya, d. S. (2020). https://vivahealth.co.id/. Retrieved

from https://vivahealth.co.id/article/detail/13439/mengenal-covid-19

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

New Media Consortium. (2017, 10 28). Retrieved 10 10, 2020, from http://www.nmc.org/: www.nmc.org/pdf/2007_Horizon_Report.pdf.

Retnawati, H. (2013). Penilaian di Sekolah Dasar Menggunakan Kurikulum 2013 .

Santoso, P. B. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PENILAIAN GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TIK.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tim Penyusun. (2019). Modul Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Tria Mardiana, Arif Wiyat Purnanto. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi.

Tria Mardiana, Arif Wiyat Purnanto. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi.

Wahyu Aji, F. D. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI

PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1, 55-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.