Literasi Digital dalam Penggunaan Google Classroom: Kasus Kuliah Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama

Era Fadzira, Deswita Rehani Kuncoro, Lulu Keenness Izzati

Abstract


Saat ini penggunaan media digital sebagai penghubung proses belajar mengajar salah satu literasi yang sangat lumrah dan praktis digunakan yaitu Google Classroom. Digunakan semua kalangan dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi salah satunya pada pembelajaran mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Media ini sangat membantu dalam pembelajaran karena fiturnya yang mudah dipahami dan mudah dimengerti media ini terbukti sangat efektif digunakan. Akan tetapi ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunanan media Google Classroom ini. Dengan banyak nya fitur pada google classroom sangat membantu untuk keefektifan belajar seperti adanya tempat pengumpulan tugas, memberi materi, tengatan waktu pengerjaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian penggunaan Google Classroom dalam mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan Google Classroom dalam matakuliah Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama.

Full Text:

PDF

References


Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, VIII(2), 224–231.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.