Mengembangkan Bahan Ajar Literasi Digital Aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1” di Era Industri 4.0 Bagi Guru SD

Leli Nisfi Setiana, Turahmat Turahmat, Oktarina Puspita Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk a) membantu guru dalam membuat bahan ajar e-learning, b) hasil bahan ajar e-learning diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran, c) guru memiliki keahlian dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1” (wondershare filmora version 7.8.9.1), d) implementasi aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1”yang digunakan dalam pembelajaran dalam rangka membuat bahan ajar untuk adaptasi kebiasaan baru pada era industri 4.0. Berdasarkan hasil analisis SWOT, maka tim pengabdi memberikan solusi permasalahan yaitu memberikan pelatihan mengoperasikan aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1” Aplikasi ini berfungsi untuk membuat bahan ajar yang outputnya berupa video. Video ini nantinya dapat diupload pada laman youtube dan urlnya dapat diakses oleh siapapun, sehingga mempermudah siswa untuk mengakses materi yang dibuat oleh guru dimanapun dan kapanpun, bahkan sekali pun mereka tidak masuk sekolah. Guru mampu membuat bahan ajar berbasis aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1” hal ini sebagai jawaban atas tantangan pembelajaran pada era industri 4.0 yaitu menerapakna e-learning. Literasi digital aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1” merupakan pengetahaun baru dalam mengembangakan bahan ajar berbasis audiovisual dan keterampilan baru dalam mengoperasikan aplikasi “Wonfilver 7.8.9.1”

Full Text:

PDF

References


Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Negara, C. A. & Jumrotin, F. N. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran bahasa isyarat untuk penyandang cacat rungu wicara berbasis web (Laporan Akhir, Politeknik Negeri Malang, Indonesia) diambil dari http://digilib.jti.polinema.ac.id/index.php?p

=fstream-pdf&fid=529&bid=1639

Punusingon, R. R., Lumenta, A. S. M., & Rindengan, Y. D. Y. (2017). Animasi sosialisasi undang-undang informasi dan transaksi elektronik. E-Journal Teknik Informatika, 12(1), 1-8.

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.