Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik

Asy Syifa Dhewi, Windy Wirdo Ningrum

Abstract


Pada era society 5.0 membuat semua lapisan masyarakat tahu akan teknologi digital yang semakin canggih. Kemampuan digital yang semakin canggih membuat dunia pendidikan mengalami banyak perubahan. Pendidikan menjadi salah satu usaha penunjang kualitas dan potensi individu agar bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Negara Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu tinggi agar bisa bersaing dikancah Internasional. Persoalan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi agar bisa menghasilkan mahasiswa yang berkualitas dan bermutu tinggi. Indonesia masuk pada kehidupan di abad ke-21 yang mengharuskan berbagai keterampilan dikuasai seseorang. Pada keterampilan di abad ke-21 mengandung keterampilan khusus yang perlu diberdayakan dalam kegiatan belajar, seperti keterampilan berpikir kritis. Mahasiswa juga dituntut agar bisa berpikir kritis untuk kehidupan di abad ke-21. Dengan adanya literasi digital memudahkan mahasiswa untuk bisa berpikir kritis terutama pada mahasiswa jurnalistik. Tujuan penelitian ini adalah sarana akan mengetahui keterampilan mahasiswa jurnalistik dalam berpikir kritis menggunakan strategi literasi digital dengan menggunakan metode deskripsi, yaitu mendeskripsikan beberapa mahasiswa jurnalistik yang berdiskusi dan menulis berita menggunakan media whatsapp yang menjadi salah satu alat guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurnalistik dan juga menggunakan metode survey dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa jurnalistik melalui pesan pribadi whatsapp. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa jurnalistik yang sering melakukan diskusi terkait masalah-masalah dalam proses penulisan berita, menjadikan mahasiswa itu mempunyai pikiran yang kritis untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mahasiswa jurnalistik dapat menggunakan literasi digital sebagai media untuk belajar berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. 1–14.

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284/pdf

Zubaidah, S. (2016). SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.

Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7828-7833.

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community of Inquiry. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 473-490.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi

Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putri, H., Indrawati, I., & Mahardika, I. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321-326.

Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 11(1), 17-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.