Laman Kreskit Sebagai Media Penguatan Literasi Digital Mahasiswa Peminatan Jurnalistik di PBSI FKIP UAD

Dita Franesti, Ninda Shavera Visty Happy Yana

Abstract


Perkembangan abad 21 yang beriringan dengan perkembangan teknologi mengubah literasi menjadi berbasis internet. Literasi digital merupakan sarana mendapatkan informasi yang bukan hanya semata-mata digunakan berkomunikasi. Laman Kreskit merupakan salah satu laman yang berpengaruh terhadap mahasiswa peminatan jurnalistik PBSI FKIP UAD dalam hal literasi. Melalui laman Kreskit ini mahasiswa peminatan Jurnalistik di PBSI FKIP UAD dapat menanamkan budaya literasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) seberapa penting menumbuhkan minat literasi mahasiswa, 2) hal-hal yang menarik minat untuk meningkatkan literasi digital, 3) Laman Kreskit sebagai sarana literasi digital, dan 4) Tingkat keefektifan literasi digital dengan menggunakan laman Kreskit. Diharapkan dengan adanya laman Kreskit ini, akan semakin meningkatkan kreativitas mahasiswa PBSI FKIP UAD dan menumbuhkan minat literasi yang tinggi.

Full Text:

PDF

References


Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2011). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Mahasiswa. Pendidikan Bahasa Indondesia P, 52–57.

Sari, E. S., S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1)

Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89-100.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333


Refbacks

  • There are currently no refbacks.