Respons Mahasiswa Calon Guru Matematika Terhadap Kegiatan Uji Penguasaan Materi (UPM) Secara Daring

Kurnia Noviartati, Agustin Ernawati

Abstract


Kegiatan Uji Penguasaan Materi (UPM) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan pada setiap semester di Prodi Pendidikan Matematika. Kegiatan UPM dilaksanakan secara daring dan berlangsung selama 40 menit untuk setiap mahasiswa. Kegiatan UPM terbagi ke dalam 3 sesi, yaitu sesi monolog selama 10 menit, sesi tanya jawab selama 25 menit, dan sesi pemberian 1 soal selama 5 menit. Topik yang diujikan merupakan topik matematika sekolah yang telah ditentukan dan diacak menggunakan aplikasi picker wheel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons mahasiswa calon guru terhadap kegiatan UPM secara daring yang dilaksanakan setiap semester oleh Prodi Pendidikan Matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah kombinasi angket terbuka dan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan statistika sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh rata-rata respons mahasiswa yang mengikuti kegiatan UPM sebesar 59,55% yang termasuk kategori kuat. Sementara jika ditinjau dari jenis butir pertanyaan, menunjukkan respons sangat kuat terhadap butir favorable diperkuat oleh respons lemah terhadap butir unfavorable. Dengan kata lain rata-rata respons kuat sebesar 59,55% yang diberikan 20 mahasiswa dapat dikatakan mampu mewakili respons secara keseluruhan keseluruhan mahasiswa prodi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.