Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Proporsional Materi Perbandingan Berdasarkan Taksonomi Anderson

Ahmad Lutfi, Mochamad Abdul Basir, Imam Kusmaryono

Abstract


Kemampuan penalaran proporsional dapat dikatakan sebagai kemampuan  penalaran dasar yang dibutuhkan dalam mempelajari serta memahami materi matematika. Penalaran proporsional merupakan penalaran matematis yang berkaitan dengan proporsi maupun rasio. Dipunyainya kemampuan penalaran proporsional mumpuni peserta didik akan mampu memahami hubungan-hubungan kuantitas dalam suatu perbandingan. Taksonomi Anderson merupakan revisi dari taksonomi Bloom. Anderson dan Krathwohl melakukan merevisi taksonomi Bloom yang memuat beberapa perubahan salah satunya yaitu perubahan jenis kata dalam taksonomi Bloom, yang awalnya jenis kata benda (noun) menjadi kata kerja (verb), melakukan organisasi ulang urutan jenjang. Taksonomi Anderson membagi aspek kognitif  menjadi enam aspek diawali dari aspek yang paling bawah yaitu aspek mengingat (remembering), aspek memahami (understanding), aspek mengaplikasikan (applying), aspek menganalisis (analyzing), aspek mengevaluasi (evaluating), dan  aspek mengkreasi (creating).  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen tes penalaran proporsional materi perbandingan berdasarkan taksonomi Anderson yang valid dan reliabel. Soal dalam peneliti n ini dikembangkan berdasarkan indikator tiap masing-masing level penalaran proporsional. Yaitu qualitative, early attemps at quantifying, recognition of multiplicative relationahipa, accommodating cavariant-ce and invariance dan functional and scalar reltionships. Penelitian dan pengembangan ini memakai model jenis 4D oleh Thiagarajan akan tetapi yang dilakukan hanya sampai pada tiga tahap saja yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Hasil validasi intrumen tes yang meliputi aspek isi (content), konstruks dan bahasa diperoleh hasil ratarata sebesar 80,56 % pada katogori layak. Hasil uji empiris diperoleh sebanyak 5 soal yang valid dan reliabel. Kooefisien reliabilitas butir soal didapatkan sebesar 0,833 pada kategori tinggi. Berlandaskan hasil analisis data maka telah diperoleh instrumen penilaianpenalaran proporsional materi perbandingan berdasarkan taksonomi Anderson yang valid dan reliabel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.