Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Teams

Arif Budi Santoso, Mohamad Aminudin, Imam Kusmaryono

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi diseluruh belahan dunia membuat beberapa  kegiatan harus disesuaikan, termasuk dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya dilakasanakan dalam kelas secara tatap muka harus dilakuan dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan berbagai macam bantuan aplikasi. Salah satunya Microsoft Teams. Dengan bantuan aplikasi tersebut guru dan siswa tetap dapat melaksanakan permbelajaran. Motivasi merupakan kunci dan unsur penting dalam pembelajaran baik bagi siswa maupun guru. Motivasi belajar berperan penting dalam mendorong seseorang untuk berbuat, menentukan kemana arah perbuatan, dan meneyeleksi perbuatan apa saja yang akan dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran matematika jarak jauh dengan aplikasi Microsoft Teams. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan study literatur dan angket untuk memperoleh persentase tiap-tiap indikator motivasi belajar siswa. Indikator motivasi belajar yang dipakai dalam penelitian ini yaitu percaya diri dalam menggunakan matematika; kerelaan meninggalkan kewajiban ataupun tugas lain; ketekunan dalam mengerjakan matematika; dapat mempertahankan pendapat serta gigih dan ulet dalam mengerjakan tugas matematika. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa motivasi belajar siswa dengan rata-rata 53,7 % dengan kategori rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.