Review Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS)

Anna Khoirun Nisa, Dyana Wijayanti, Imam Kusmaryono

Abstract


Bahan ajar adalah suatu alat pembelajaran tersusun secara sistematis yang dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis yang dapat membantu peserta didik dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar dibedakan menjadi empat kategori, yaitu bahan ajar cetak (printed), bahaN ajar dengar (audio), bahan ajar pandang dengar (audio visual), dan bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material). Pengembangan bahan ajar memiliki beberapa tahapan. Penting bagi seorang guru untuk kreatif dalam mengembangkan bahan ajar. Sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk giat belajar. Model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987 dan dikembangkan oleh Pizzini ( 1988) pada mata pelajaran sains (IPA). Kemudian di sempurnakan oleh Shepardson (1990) yang mengatakan bahwa model ini tidak hanya berlaku untuk pendidikan sain saja, tetapi juga cocok untuk pendidikan matematika. Hasil review dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar menggunakan model pembelajaran search, solve, create and sare (SSCS) masih sedikit yang melakukan kajian tersebut. Dari hasil skrinning jurnal baru ditemukan 5 artikel yang relevan dengan kajian diatas. Artikel tersebut terdiri dari 2 artikel pengembangan bahan ajar berupa buku dan 3 artikel pengembangan LKPD.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.