Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Teorema Pythagoras

Nurul Lailiyah, Mochamad Abdul Basir, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Pemahaman dalam bidang matematika sangatlah penting dan sangatlah dibutuhkan  dalam menyelesaikan persoalan matematika terhadap siswa. Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu contohnya. Dalam riset ini, peneliti akan mengangkat tema tentang kemampuan pemahaman matematis. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengenali siswa dalam menyelesaikan permasalahan teorema phytagoras dilihat dari kemampuan pemahaman matematis siswa. Indikator pada riset ialah kemampuan pemahaman komputasional serta fungsional. Deskriptif kualitatif merupakan metode yang akan digunakan dalam riset ini. Instrumen berbentuk soal uji tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek riset sebanyak 24 siswa kelas VIII MTS. Bersumber pada hasil riset ini, diperoleh:( 1) kemampuan pemahaman komputasional sebesar 94,79% ataupun tercantum dalam golongan sangat mengerti. Sebagian besar siswa sudah sanggup menguasai soal serta sanggup menerapkan konsep atau rumus dengan tepat. (2) pada kemampuan pemhaman fungsional 81,25% ataupun tercantum dalam golongan mengerti. Dalam perihal ini membuktikan sebagian siswa telah sanggup dalam mengaitkan konsep pada soal tersebut. Berdasarkan hasil tanya ke sebagian siswa menyatakan merasa kebimbangan ketika soal yang dicontohkan pada saat pembelajaran berlangsung berbeda konsep permasalahan dengan soal yang tersedia. Namun, tidak sedikit dari siswa yang telah paham dalam menyelesaikan permasalahan soal tersebut, tetapi kurang teliti dalam menghitung yang mengakibatkan hasil akhirnya kurang tepat. Dalam menyelesaikan soal uji tersebut, dari sebagian besar siswa telah mampu mengaplikasikannya dengan baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.