Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Digital Bilingual Berbasis Realistic Mathematics Education (RME)

Pitriani Pitriani

Abstract


Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan desain  model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian menggunakan angket respon siswa. Responden (siswa) yang mengikuti pengisian angket adalah 22 siswa, namun dikarenakan ketidaklengkapan pengisian data responden yang diolah menjadi 20 siswa (2 data direduksi). Ada 3 aspek yang dinilai oleh siswa, yakni: aspek tampilan (6 pernyataan), aspek penyajian materi (13 pernyataan), dan aspek manfaat (6 pernyataan). Total pernyataan adalah 25 pernyataan. Setelah data dikumpulkan dan diolah, diperoleh hasil bahwa respon siswa terhadap bahan ajar digital bilingual berbasis RME adalah sangat positif, baik dari aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat. Beberapa faktor yang membuat siswa memberikan respon sangat positif sebagai berikut: (1) Aspek tampilan, bahan ajar digital yang berbentuk e-modul ini menyediakan video yang dapat diputar oleh siswa. (2) Aspek penyajian materi, melaui tugas-tugas yang disajikan melalui bahasa yang mudah dipahami, siswa terstimulasi membangun pengetahuannya sendiri. (3) Aspek manfaat, memotivasi siswa belajar matematika dan lebih mudah memahami materi. Terlebih dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini, pembelajaran dilakukan secara daring. Bahan ajar ini sangat bermanfaat karena siswa dapat belajar mandiri di rumah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.