Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII-4 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Yenni Padila Siregar, Lena Yannida Harahap

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Segi Empat yang bermutu ditinjau dari komponenkomponen kontekstual dan kualitas serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja siswa yang sudah di kembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengikut kepada model Borg and Gall. Dalam pengembangan ini dilakukan melalui 7 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) diberikan kepada 34 siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kualitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual dengan persentase 83% termasuk dalam kategori baik. Komponen kontekstual dengan persentase 83% dan kualitas isi dengan persentase 83% termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS melalui angket termasuk dalam kategori baik dengan persentase 84%. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Segi Empat dapat digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.