Humanisasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi

Luthfia Qothrun Nada

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu proses menjadikan manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Akan tetapi, dalam kenyataannya masih banyak kekurangan dalam proses pendidikan. Masih banyak ditemui dalam pendidikan sistem yang masih salah dan tidak menggambarkan maksud dan tujuan pendidikan. Pandemi Covid 19 yang terjadi di berbagai negara memberikan dampak di semua sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan. Sistem pendidikan di berbagai tingkatan satuan pendidikan berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan atau daring. Sistem pembelajaran daring diterapkan pada semua mata pelajaran yang ada pada satuan pendidikan termasuk pembelajaran matematika. Problematika pembelajaran matematika yang terkadang tidak humanis bagi peserta didik menjadi semakin rumit karena pembelajaran matematika dengan sistem daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji humanisasi pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar pada masa pendemi. Metode pengumpulan data dengan cara mengkaji literatur tentang pembelajaran matematika dengan sistem dalam jaringan, wawancara dan angket. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran matematika dengan sistem daring pada masa pandemi dikemas semenarik mungkin agar peserta didik tetap termotivasi dan tidak tertekan ketika belajar. Pembelajaran matematika disajikan dua arah agar guru dan peserta didik dapat berinteraksi dan saling memberikan feedback pembelanjaran. Pembelajaran matematika yang humanis sistem daring akan menjadikan peserta didik merasa termotivasi dan tidak terbebani ketika belajar matematika.

 

 

Education is a process of making humans in accordance with their nature as humans. However, in reality there are still many deficiencies in the educational process. There are still many in the education system that is still wrong and does not describe the aims and objectives of education. The Covid 19 pandemic that occurred in various countries had an impact on all sectors of human life, including education. The education system at various levels of the education unit is transformed into learning online or online. The online learning system is applied to all subjects in the educational unit including mathematics learning. The problems of learning mathematics which are sometimes inhumane for students are becoming increasingly complicated because of learning mathematics with an online system. This study aims to examine the humanization of mathematics learning at the elementary school level during the pandemic. Methods of data collection by reviewing the literature on mathematics learning with an online system, interviews and questionnaires. Furthermore, the data were analyzed qualitatively. The results of this study indicate that the online mathematics learning assessment system during the pandemic was packaged as attractively as possible so that students remain motivated and not depressed when learning. Mathematics learning is presented in two directions so that teachers and students can interact and provide mutual feedback on learning. Learning mathematics with an interactive online system will make students feel motivated and not burdened when learning mathematics.

Keywords


humanisasi; pembelajaran matematika; sekolah dasar; pembelajaran daring; pandemi; humanization; mathematics learning; elementary school; online learning; pandemic

Full Text:

PDF

References


Amalina. (2021). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi, Vol. 2 (1), diakses pada 31 Maret 2021, diakses di https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/592

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 (3), diakses pada 31 Maret 2021, diakses di https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033

Batubara, H. H., dan Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. MUALLIMUNA: JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, Vol. 5 (2) , diakses pada 31 Maret 2021, diakses di https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2950

Kemdikbud, D. P. (2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Dirumah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–26.

Kurniawan, A. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. , diakses pada 31 Maret 2021, diakses di https://www.slideshare.net/mobile/saddam_svc/studi-kepustakaan-19891180

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. , diakses pada 31 Maret 2021, diakses di http://osf.io/efmc2/

Nurdin, I., dan Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Jatinangor: Media Sahabat Cendekia.

Setyawan, A. A. (2018). Pendidikan Sebagai Proses Humanisasi (Studi Tentang Pendidikan Humaniora di SMA Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 55-64.

Sholehudin. (2018). Humanisasi Pendidikan; Meneguhkan Sisi Kemanusiaan Dalam Proses Pembelajaran. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, Vol. 1 (2), diakses pada 31 Maret 2021, diakses di https://www.al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/28

Sya’baniyah, A. H., dan Kuswanto. (2020). Humanisasi Pendidikan Sebagai Aktualisasi Konsep Ki Hajar Dewantara terhadap Paud. JAI, Vol. V (1), diakses pada 31 Maret 2021, diakses di http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/viewFile/3712/3139


Refbacks

  • There are currently no refbacks.