Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19

Wa Ode Anastasia Septiana, M. Mukhtar Arifin Sholeh

Abstract


Penelitian ini mengamati pengaruh antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada mata pelajaran Fiqih selama masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara tingkat motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengolah data dengan menggunakan rumus garis regresi sederhana yang dibantu dengan aplikasi SPSS 23 for windows. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling sejumlah 50 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket melalui google form, wawancara dan observasi. Dalam pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang posotif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajara siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada mata pelajaran Fiqih selama masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Setelah dilakukan pengujian, diketahui hasil analisis data koefisien korelasi (r) sebesar 0,871 dikonsultasikan pada rtabel dengan N = 50 dan taraf signifikansi sebesra 5%. Harga rtabel diperoleh sebesar 0,279. Dapat dilihat bahwa harga rhitung lebih besar dari harga rtabel (0,871 > 0,279).  Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima.

 

This study examines the effect of learning motivation with the learning independence of class XI students of Islamic Senior High School Sultan Agung 1 Semarang in Islamic Civilization History subjects during the Covid-19 pandemic in 2020. This study aims to determine whether there is an effect between the level of learning motivation and student learning independence. To answer these problems, researchers used a quantitative descriptive approach. In this study, the researcher processed the data using a simple regression line formula assisted by the SPSS 23 for windows application. The sampling technique used simple random sampling of 50 students. While the research data collection technique used a questionnaire instrument via google form, interviews and observations. In testing the hypothesis, there is a positive and significant influence between learning motivation and learning independence of class XI students of Islamic Senior High School Sultan Agung 1 Semarang on Islamic Civilization History during the Covid-19 pandemic in 2020. After testing, it is known that the results of the correlation coefficient data analysis (r) amounting to 0.871 consulted on r table with N = 50 and a significance level of 5%. The rtabel price was obtained at 0.279. It can be seen that the rcount price is greater than the r table price (0.871> 0.279). Thus, the null hypothesis is rejected and the research hypothesis is accepted.


Keywords


learning motivation; independent learning; distance learning; the Covid-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200610102622-20-511685/lika-liku-tahun-ajaran-baru-sekolah-di-tengah-pandemi-corona. diakses pada hari selasa 16 Juni 2020 pukul 09:09 WIB

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT: Rosdakarya, 2001, hlm. 75-76

Muhammadja, Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Istimbat 1101,-bab2_310-2, 2006 hlm.28

Nazir, M. (2014). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, E. (2016). Bimbingan konseling & Psikoterapi Inovatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal.56 & 61

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas, (Bandung: Permana, 2006), h. 65.

Sadirman. (2012), Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Grafindo Persada, hal. 83

Sardiman, A.M. (1995), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: C.V Rajawali, hlm.75

Syafaat, A. Muslih, S.S. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. hlm. 11-16.

Trisnawati (2017), Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTS Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi : Universitas Islam Negeri Mataram.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, hal 329.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.