Kreativitas Pengusaha di Komunitas Startup Surabaya

Muhammad Galih Himawan, Niken Titi Pratitis

Abstract


Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang yang menghasilkan tantangan dan peluang. Disinilah dibutuhkan cara kerja yang lebih efisien dan produktif melalui upaya-upaya inovasi, kreativitas, serta enterpreneurship. Termasuk perubahan teknologi digital yang mendorong pengusaha-pengusaha startup dituntut mengembangkan fluency, flexibility, elaborationdan originality berfikir untuk menjawab dan menemukan solusi permasalahan yang dihadapi. Disinilah kreativitas berperan dan menjadi aset penting bagi pengusaha startup yang ingin memenangkan persaingan melalui upaya-upaya memunculkan ide-ide baru inovasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi aspek-aspek kreativitas yang berperan pada entrepreneur di komunitas startup kota Surabaya. Metode pengambilan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur dengan pedoman wawancara yang dibuat peneliti dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menginformasikan bahwa pengusaha startup di Surabaya termasuk cepat tanggap (fluency of thinking) dengan persoalan yang dihadapi dalam menentukan ide dan solusi sehingga ancaman bisnis yang dihadapi dapat segera diatasi. Hasil penelitian juga menginformasikan bahwa pengusaha startup di Surabaya yang bernaung dalam anggota komunitas menunjukkan keluwesan dalam berfikir dan mampu menemukan variasi ide-ide baru dan inovasi yang cukup kaya. Oleh karenanya, walaupun persaingan bisnis startup begitu ketat, pengusaha masih berani bersaing serta menonjolkan ciri khas bisnisnya masing-masing.

Keyword : Kreativitas, PengusahaStartup, Teknologi Digital


Full Text:

PDF

References


Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan dan inovasi. Jakarta: Erlangga.

Arini T. Soemohadiwidjojo. 2018. SOP dan KPI untuk UMKM & STARTUP. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Al Farisi, R. (2013). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Baron, F. & Harrington, D.M. (1981). Creativity, intelligence and pesonality. Annual Review of Psychology, 32, 439-476.

Cachia, R., Ferrari, A., Mutka, K. A., & Punie, Y.(2010). Creative Learning and Innovative Teaching Final Report on the Study on Creativity and Innovation in Education in the EU Member States. JRC 62370. EUR 24675 EN. ISBN 978-92-79-18974-6. ISSN 1018-5593. doi : 10.2791 / 52913. Luxembourg: Publications Office of the European Union. Diunduh 10 september 2019 dari http://is.jrc.ec.europa.eu/pages/EAP/documents/ Dingli.pdf,

Campbell, D, “Mengembangkan Kreativitasâ€. Kanisius, Jakarta, 1986.

Glover, J. dan Burning, R.H, “Educational Psychology : Principles and application 3rd editionâ€. Harper Collins Publishers, New York. 1990.

Guilford. J.P. (1975). Creativity : A Quarter Century of Progress. In Taylor, I.A. dan Getzcls, J. W. (cd). Persprctives in Creativity. Chicago: Aldine.

Gunawan Cihuy. 2019. Mencari Peluang di REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Untuk Melalui Era Disrupsi 4.0. Queency Publisher.

Kaplan, R.M., & Saccuzzo, D.P. (2012). Pengukuran Psikologi, Prinsip, Penerapan dan Isu. (7th Ed). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Mednick, S.A. (1962). The Associative Basis of The Creative Process. Psychological Review, 69, 201-232.

Munandar, S. C. U. (1999a). Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Munandar. 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, C., dkk. (2010). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: Indeks.

Suharnan. (2011, 2012). Kreativitas (Teori dan Pengembangan). Surabaya: Penerbit Laras.

Stenberg, R.J. (1999). The Role of Creativity in The Dialectical Evolution of Ideas. Buletin of Psychology & Arts. Sample Issue : Evolution, Creativity and Aesthetic.

Sternberg J.R. (1999). Handbook of Creativity. USA: Cambridge University Press.

Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menunju Sukses, Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat.

Solso. R.L. (1988). Cognitive Psychology. (2nd Ed). Boston : Allyn and Bacon, Inc

Villalba, E. (2008). On Creativity : Towards an Understanding of Creativity and its Measurements. JRC Scientific and Technical Reports. European Commission.

West, M. 2000. “Mengembangkan Kreativitas dalam Organisasiâ€. Kanisius, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.