Construction of a Final Semester Student Anxiety Measuring Tool

Yuniar Irawati, Rahmawati Pratiwi

Abstract


Proses penulisan skripsi seringkali menimbulkan permasalahan psikologis, salah satunya adalah rasa cemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi alat ukur kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir saat menyusun skripsi. Skala Kecemasan disusun berdasarkan 3 aspek yaitu adanya perasaan untuk menghindar dari lingkungan, adanya ketakutan terhadap penafsiran orang lain, dan adanya ketegangan emosional.  Selain itu juga menggunakan jenis skala likert dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas menggunakan validitas isi yang melibatkan 14 orang rater. Teknik sampling dalam pengambilan sampel dengan random sampling dengan populasinya adalah mahasiswa semester akhir di seluruh Indonesia.  Sampel yang digunakan berjumlah 357 responden mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan skripsi. Pengolahan data menggunakan aplikasi iteman dan berdasarkan hasil analisis reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach menunjukkan koefisien reliabilitas skala ini sebesar 0,941 dengan Standar Error of Measurement sebesar 0,120. Hasil penelitian ini menunjukan Skala Kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir saat menyusun skripsi yang telah disusun oleh peneliti memiliki property psikometrik yang baik dan reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengukur kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir.


Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.

Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2019). ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Clark, D. A., & Beck, A. T. (2012). The Anxiety and Worry Workbook: The Cognitive Behavioral Solution. Guildford Publications.

Fernandes, H. J. X. (1984). Evaluation of educational program. Jakarta: National Education Planning, Evaluating and Curriculum Development.

Hariaty, Elita, V., & Dilaluri, A. (2023). Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11(1), 1–7.

Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (Jilid 1). Erlangga.

Nunally, J. (1978). Psychometric theory (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Pambudhi, Y. A., Suarni, W., & Alirudin, A. (2021). Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir dengan Kecemasan Mendapatkan Pekerjaan. Jurnal Sublimapsi, 2(1), 32. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i1.14696.

Sigmund Freud. (2010). An Outline of Psycho-Analysis (First Edition). Wilder Publications.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.42804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.