Pengaruh Terapi Musik Tradisional terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Perguruan Tinggi: A Literature Review
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh terapi musik tradisional terhadap penurunan stres pada mahasiswa perguruan tinggi, (2) menjelaskan efektivitas terapi musik dalam mengurangi tingkat stres pada mahasiswa, (3) menjelaskan hubungan antara terapi musik tradisional dan terapi musik lainnya terhadap tingkat stres pada mahasiswa perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode systematic literature review. Sumber data adalah data sekunder yang berasal dari jurnal. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan dari berbagai jurnal internasional dan nasional mengenai musik tradisional terhadap penurunan stres dengan rentan tahun 2014-2024. Teknis analisis data adalah analisisi dokumen atau jurnal yang terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Musik tradisional khususnya yang mencirikan suatu budaya sekaligus dapat menjadi terapi musik yang efektif dalam mengatasi permasalahan stres pada mahasiswa perguruan tinggi. (2) Kondisi relaksasi yang dihasilkan dari mendengarkan musik mengkondisikan adanya penurunan hormon stres, serta meningkatkan suasana hati seseorang ke arah positif dan menstabilkan emosi. (3) Beberapa faktor mendukung keberhasilan dari terapi musik tradisional dan terapi musik lainnya dalam menurunkan stres meliputi sikap positif terhadap musik dan tempo musik.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, J., Suryaningrum, C., & Prasetyaningrum, S. (2013). Musik jawa untuk mereduksi stres pada mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 5(2), 89–101. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art6
Alfiah, N., Meiza, A., & Hidayat, I. (2019). Reducing Stress on Students through Traditional Music. Proceedings of the Proceedings of 1st Workshop on Environmental Science, Society, and Technology, WESTECH 2018, December 8th, 2018, Medan, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2283928
Brownlow, B. (2017). The Effect of Music Tempo on the Psychophysiological Measures of Stress.
Faus, S., Matas, A., & Elósegui, E. (2019). Music and regaining calm when faced with academic stress. Cogent Arts & Humanities, 6(1), 1634334. https://doi.org/10.1080/23311983.2019.1634334
Ferawati & Siti Amiyakun. (2015). Pengaruh pemberian terapi musik terhadap penurunan kecemasan dan tingkat stress mahasiswa semester vii ilmu keperawatan dalam menghadapi skripsi di sekolah tingg ilmu kesehatan insan cendekia husada bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan Makia, 2. http://dx.doi.org/10.37413/jmakia.v1i1.1
Jiang, J., Rickson, D., & Jiang, C. (2016). The mechanism of music for reducing psychological stress: Music preference as a mediator. The Arts in Psychotherapy, 48, 62–68. https://doi.org/10.1016/j.aip.2016.02.002
Khalish, M. A., Yusmi, H., Rahmah, R. A., Virnanda, R., & Sofia, L. (2016). Pengaruh alunan musik sampeq sebagai terapi stres. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 5(1), 19-28.
Linnemann, A., Ditzen, B., Strahler, J., Doerr, J. M., & Nater, U. M. (2015). Music listening as a means of stress reduction in daily life. Psychoneuroendocrinology, 60, 82–90. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2015.06.008
Mutakamilah, Eriyono Budi Wijoyo, Imas Yoyoh, Hera Hastuti, & Kartini. (2021). Pengaruh Intervensi Terapi Musik Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literatur Review. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(2), 120–132.
Putri Dewi Ambarwati, Sambodo Sriadi Pinilih, & Retna Tri Astuti. (2017). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1), 40–47.
Son, H. K., So, W.-Y., & Kim, M. (2019). Effects of Aromatherapy Combined with Music Therapy on Anxiety, Stress, and Fundamental Nursing Skills in Nursing Students: A Randomized Controlled Trial. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(21), 4185. https://doi.org/10.3390/ijerph16214185
Wahyuni, W., Khasanah, I. U., & Suratih, K. (2020). Musik Binaural Beats terhadap Penurunan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Surakarta. Gaster, 18(2), 216. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i2.588
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.42778
Refbacks
- There are currently no refbacks.