Ketekunan Akademik pada Siswa SMA X Semarang di Era Pandemi Covid-19

Titin Suprihatin, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Mengikuti pembelajaran baik secara daring maupun luring membutuhkan ketekunan dan keseriusan. Ketekunan akademik dikonseptualisasikan sebagai komitmen perilaku untuk belajar dan kemampuan seorang individu untuk bertahan di hadapan penghalang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan ketekunan akademik pada siswa SMA ditinjau dari jenis kelamin dan jurusan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah (n) =252 orang. Pengumpulan data menggunakan skala ketekunan akademik dan teknik analisa data menggunakan anava. Hasil penelitian ditemukan bahwa berdasarkan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan ketekunan akademik dengan nilai F=2,236 dan p=0,136. Berdasarkan jurusan tidak terdapat perbedaan ketekunan akademik antara siswa jurusan IPA, IPS dan Bahasa, dengan nilai F=2,202 dan p=0,113. Demikian juga tidak ada interaksi diantara kedua faktor (jenis kelamin dan jurusan) dengan nilai F=1,065 dan p=0,346.

Kata Kunci: Ketekunan akademik, jenis kelamin, jurusan


Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.