Kecenderungan Kecanduan Game Online Ditinjau dari Sensation Seeking Trait pada Gamers Komunitas Game Onlin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecenderungan kecanduan game online yang dilihat dari sensation seeking trait pada gamers di komunitas game online. Variabel yang digunakan adalah variabel tergantung berupa kecanduan game online dan variabel bebas yang digunakan adalah sensation seeking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diujikan pada 151 responden atau gamers di salah satu komunitas game online di facebook. Metode pengambilan sampel dari penelitian ini adalah teknik sampling purposive. Peneliti kenggunakan skala kecanduan game online dan sensation seeking. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana non parametrik dengan uji korelasi spearman’s rho, dimana data penelitian di dalam uji korelasi spearman ini tidak harus terdistribusi secara normal. Uji hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensation seeking. Koefisien korelasi skor aitem total kecanduan game online yaitu 0,283 hingga 0,820 dengan reliabilitas 0,932 dan sensation seeking memperoleh 0,276 hingga 0,658 dengan reliabilitas 0,752. Uji hipotesis yang dilakukan berdasarkan uji pearman’s rho yaitu memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,765 dengan koefisien signifikansi 0,000 untuk taraf signifikansi (p)<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang telah diujikan dapat diterima, yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensation seeking pada gamers di komunitas game online.
Kata kunci: Kecanduan Game Online, Sensation Seeking trait, Gamers.
Full Text:
Download PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13076
Refbacks
- There are currently no refbacks.