Analisis Fisik Penggunaan Jalur Pedestrian Sebagai Fasilias Publik Studi Kasus: Jalur Pedestrian di Penggal Jalan Pengeran Diponegoro, Kenari, Senen, Jakarta Pusat

Malik Al Karim

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk melihat kondisi penggunaan jalur pedestrian penggal jalan Diponegoro, Jakarta Pusat yang mempunyai berbagai macam karakteristik, mulai dari jalur pedestrian yang sudah dilakukan pelebaran, jalur pedestrian yang sempit, dan jalur pedestrian yang banyak mengalami kerusakan kondisi fisik. Pada dasarnya jalur pedestrian harus bisa diakses secara aman oleh semua orang termasuk penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hanya penggal jalan Pengeran Diponegoro depan RSCM yang bisa diakses oleh semua orang secara aman, Sedangkan jalur pedestrian disisi lainnya masih banyak hambatan, mulai dari kondisi fisik jalur pedestrian yang rusak sampai penggunaan jalur pedestrian oleh pengendara motor yang melintas pada jalur pedestrian

Full Text:

PDF

References


INRIX Global Traffic Scorecard INRIX Research Graham Cookson & Bob Pishue February 2017

Jacobs, Jane. (1961). Chapter 2 : The Use Of Sidewalks : Safety. The Death and Life of Great American City. New York : Vintage.

LeGates, RT, & Stout, F. (2016). The City Readers Sixth Edition. Routledge Press: London.

Lynch, Kevin, (1981). A Theory of Good City Form. The M.I.T. Press. Cambridge, Massachusetts.

Lynch, Kevin. (1960), The Image Of The City, The MIT Press, Cambridge, Massachusetts.

Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran RI Tahun 2009, No. 2. Jakarta: Sekretariat Negara.

World Health Organization (2013). Pedestrian safety: a road safety manual for decision-makers and practitioners. Geneva: World Health Organization (WHO)

Yunus, H. S. (2012). Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

http://industri.bisnis.com/read/20140919/98/258593/angka-kecelakaan-pejalan-kaki-sumbang-30-korban-laka-lantas diakses pada 27 Januari 2018

http://www.viva.co.id/berita/metro/795744-pemprov-dki-bakal-perlebar-trotoar-hingga-14-meter diakses pada 27 Januari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpsa.v16i1.4042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


The Journal Planologi is published by Study Center Planlogi, Departement of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.