ANALISIS KERAPATAN VEGETASI UNTUK PERENCANAAN WILAYAH DI DESA CIHIDEUNG KABUPATEN BANDUNG BARAT MENGGUNAKAN CITRA SENTINEL-2A DENGAN METODE MSARVI

Ayu Innadya*  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Syahnie Pratama  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Harum Khusnul Khotimah  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Riki Ridwana  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Lili Somantri  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penginderaan jauh merupakan sebuah ilmu untuk mendapatkan Informasi melalui analisa sebuah data tanpa berhubungan langsung dengan objek. Penginderaan jauh banyak dimanfaatkan dalam analisis penyelesaian suatu masalah. Penelitian ini untuk dilakukan untuk mengkaji spesifikasi citra sentinel, melihat akurasi citra sentinel dalam pemanfaatan analisis vegetasi, menganalisis kesesuaian metode MSARVI yang dapat diaplikasikan oleh citra Sentinel-2A untuk menganalisis vegetasi. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode Modified Soil and Atmospheric Resistant Vegetation Index (MSARVI) dan data yang digunakan adalah citra Sentinel-2A. Metode ini merupakan perhitungan band pada citra yang digunakan untuk mengetahui tingkat kehijauan. Hasil dari perhitungan tersebut disajikan dalam bentuk peta kerapatan vegetasi dan persentase dari hasil perhitungan metode Modified Soil and Atmospheric Resistant Vegetation Index (MSARVI). Hasil dari uji akurasi dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan angka sebesar 83,33%.

Jurnal Planologi
Published by Pusat Studi Planologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, in collaboration with Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia.
Jl. Kaligawe Raya KM. 4 Semarang, Indonesia
Phone: +6212345678
Email: jurnalplanologi@unissula.ac.id

View My Stats

e-ISSN: 1829-9172

p-ISSN: 2615-5257

DOI : 10.30659/japs

Creative Commons License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps