ANALISIS AGROKLIMAT DALAM PENENTUAN POTENSI TANAMAN PANGAN ALTERNATIF SEBAGAI SOLUSI KETAHANAN PANGAN DI KABUPATEN SITUBONDO

Rois Dinan*  -  Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Setijawan Arief  -  Institut Teknologi Nasional Malang, Indonesia

(*) Corresponding Author

ABSTRAK

Ketahanan pangan merupakan aspek yang sedang gencar diupayakan untuk dicapai. Hal ini dikarenakan problematika problematika sedang terjadi di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, yakni terkait krisis pangan. Salah satu daerah yang berpotensi terjadi krisis pangan adalah Kabupaten Situbondo. Indikasi tersebut terlihat dari data time series dari produksi tanaman pangan utama di Kabupaten Situbondo yakni tanaman padi. Data terbaru mengenai produksi tanaman padi, mengalami penurunan yang sangat signifikan yakni 40% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Selain itu banyak portal berita yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Situbondo terus berupaya untuk menghindari krisis pangan, salah satunya dengan diversivikasi tanaman pangan. Oleh karena itu dengan indikasi-indikasi tersebut penelitian ini dapat membantu memberi arahan tanaman pangan alternatif yang bisa dibudidayakan dan sesuai untuk lahan pertanian di Kabupaten Situbondo. Pada penelitian ini menggunakan metode analisa agroklimat ataupun kesesuaian lahan. Data yang digunakan adalah data-data fisik dasar, dimana nantinya akan dilakukan metode super impose untuk mendapatkan kesesuaian lahan dari tiap tanaman pangan. Ada 3 kelompok tanaman pangan yang diujikan, yakni kelompok biji-bijian, umbi, dan kacang-kacangan. Setelah diuji, terdapat 1 tanaman pangan dari tiap kelompok tanaman pangan yang bisa dijadikan alternatif untuk dibudidayakan. Diantaranya adalah sorgum (biji-bijian), porang (Umbi), dan kacang arab (kacang-kacangan). Dengan diketahuinya 3 alternatif tanaman pangan tersebut, bisa menjadi arahan bagi pemerintah Kabupaten Situbondo sebagai upaya diversifikasi pangan untuk mencapai ketahanan pangan.

Kata kunci: Diversifikasi pangan, Kesesuaian lahan, Ketahanan pangan

  1. Asnur, Paranita. 2020. “Evaluasi Kemampuan Lahan Pertanian Di Kabupaten Bogor.†UG Jurnal 14: 13–19.
  2. Mahubessy, R.C. 2014. “Tingkat Kesesuaian Lahan Bagi Tanaman Padi Berdasarkan Faktor Iklim Dan Topografi Di Kabupaten Merauke.†Agrologia Jurnal Ilmu Budidaya Tanaman 3: 125–31.
  3. Purba, Deddy Wahyudin et al. 2020. Pengantar Ilmu Pertanian. eds. Alex Rikki and Janner Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  4. Purba, Lestari Irene et al. 2021. Agroklimatologi. ed. Abdul Karim. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  5. Rahman, Syamsuk. 2018. Membangun Pertanian Dan Pangan Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan. eds. Dwi Novidiantoko and Ika Fatria. Sleman: CV Budi Utama.
  6. Sitawati, Euis Alih Nurlaelih, and Dewi Ratih Rizki Damaiyanti. 2019. Urban Farming Untuk Ketahanan Pangan. Malang: UB Press.
  7. Suhaimi, Ahmad. 2019. Pangan Gizi Dan Kesehatan. eds. Azwar Saihani and Rum van Royensyah. Sleman: CV Budi Utama.
  8. Sunarso. 2017. Strategi Pengembangan Pertanian. ed. Emy Rizka Fadilah. Sleman: CV Budi Utama.
  9. Sutrisno. 2014. Implementasi Sisem Logistik Nasional Guna Peningkatan Ketahanan Nasional Dalam Rangka Pembangunan Nasional. ed. Sutrisno. Jakarta: Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Jurnal Planologi
Published by Pusat Studi Planologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, in collaboration with Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia.
Jl. Kaligawe Raya KM. 4 Semarang, Indonesia
Phone: +6212345678
Email: jurnalplanologi@unissula.ac.id

View My Stats

e-ISSN: 1829-9172

p-ISSN: 2615-5257

DOI : 10.30659/japs

Creative Commons License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps