HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA GURU SLB DI LINGKUNGAN KERJANYA

Zulfi Nursucianti, Ratna Supradewi

Abstract


Dalam dunia pendidikan luar biasa, peserta didik yang dihadapi memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu baik kemampuan fisik, mental, emosi dalam usaha untuk berinteraksi dengan pihak luar atau lingkungan sekitar sehingga tugas seorang guru SLB menjadi semakin berat. Guru SLB dituntut untuk memiliki keahlian dan ketrampilan tertentu. Hal tersebut tidak mudah dan seringkali dapat menyebabkan stres kerja pada guru SLB.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik hubungan antara stres kerja dengan penyesuaian diri pada guru SLB di lingkungan kerjanya di kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SLB di kota Semarang, sedangkan sampel penelitian ini adalah guru SLBN Semarang yang berjumlah 56 orang. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan skala berupa skala penyesuaian diri dan skala stres kerja.

Hasil uji hipotesis hubungan antara stres kerja dengan penyesuaian diri diperoleh r xy = - 0,771 dengan p = 0,000 ( < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres kerja dengan penyesuaian diri pada guru SLB di lingkungan kerjanya di kota Semarang. Stres kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 59,5 % terhadap penyesuaian diri pada guru SLB, sedangkan sisanya 40,5 % dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Stres kerja; Penyesuaian diri Guru SLB

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. 2006. Psikologi perkembangan. Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung : Refika Aditama.

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., Smith, E.E., & Bem, D.J. 2001. Pengantar psikologi edisi II jilid 2. Alih bahasa : Wijaya Kusuma. Batam : Interaksara.

Darlega, V.I. & Janda, L.H. 1986. Personal adjusment the psychology of everyday life. University of Virginia : Scott Foresman.

Djamarah, S.B. 2000. Psikologi belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fahmi, M. 1982. Penyesuaian diri. Pengertian dan peranannya dalam kesehatan mental. Jakarta : Bulan Bintang.

Gerungan,W.A. 2004. Psikologi sosial. Bandung : Refika Aditama.

Gordon, T. 1997. Menjadi guru efektif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Grasha, A.F., & Kirschenbaum, D.S. 1980. Psychology adjustment and competence. Cambridge Massachusetts : Winthrop Publisher, Inc.

Hadi, S. 2000. Metodologi research jilid 1. Yogyakarta : ANDI Offset.

Hardjana, M. Konflik di tempat kerja. Yogyakarta : Kanisius.

Hartanti, R, S. Peran sense of humor pada dampak negatif stres kerja. Anima Indonesia Psychological Journal, Vol.18. No. 4, h. 393 – 408. Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Kartono, K., & Andari, J. 1989. Hygiene mental dan kesehatan mental dalam islam. Bandung : CV. Mandar Maju.

Kartono, K. 2000. Hygiene mental. Bandung : Mandar Maju.

Koeswara, E. 1988. Agresi manusia. Bandung : Eresco.

Luthan, F. 2006. Organizational behavior. New-York : Mc Graw-Hill, Inc.

Pamangsah. Akibat stres kerja. Http://Pamangsah.Blogspot.Com/2008/11/Akibat stres kerja. Html. ( Diakses 30 September 2011)

Sadirman. 2005. Pengaruh pelatihan harga diri terhadap penyesuaian diri pada remaja. Humanitas Indonesian Psychological Journal. Yogyakarta : UAD.

Setiyadi, O. 2002. Hubungan antara stres kerja dengan perilaku agresif pada guru sekolah dasar. Skripsi : Tidak diterbitkan. Semarang : Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

Subijanto. 2004. Mendidik anak dengan hati. Jakarta : PT Gramedia.

Subrata. 1999. Pengertian guru sekolah luar biasa (SLB). www.balispot.co.id/balispot_cetak/. ( Diakses 20 September 2008).

Syarifah, N. 2006. Hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan bagian produksi perusahaan rokok empat lima Kudus. Skripsi : Tidak diterbitkan. Semarang : Fakultas Psikologi Unissula.

Winkel, W.S. 1996. Bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah. Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.9.2.75-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat