HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN “X” SEMARANG

Misbahul Munir, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap lingkungan kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan “X” Semarang. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepuasan kerja dan skala persepsi terhadap lingkungan kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan “X” Semarang sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling.

Kepuasan kerja merupakan suatu sikap positif yang menyangkut penyesuaian diri yang sehat para karyawan terhadap kondisi dan situasi kerja. Penelitian ini memakai aspek psikologis, aspek sosial, aspek fisik dan aspek finansial sebagai instrumen penelitian. Persepsi terhadap lingkungan kerja adalah proses bagaimana seseorang memandang, menafsirkan dan memberikan arti terhadap segala hal atau peristiwa yang ada dalam lingkungan kerjanya. Penelitian ini menggunakan aspek persepsi yaitu kognisi, afeksi dan konasi yang dikaitkan dengan aspek lingkungan kerja yaitu lingkungan fisik dan lingkungan psikososial sebagai instrumen penelitian.

Teknik korelasi product moment digunakan untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap lingkungan dengan kepuasan kerja diperoleh hasil nilai rxy = 0,576; p = 0,000 (p < 0,01; sangat signifikan), hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap lingkungan kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan “X” Semarang. Sumbangan efektif persepsi terhadap lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 33,18 persen. 


Keywords


Persepsi Terhadap Lingkungan Kerja; Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

As’ad, M. 2001. Psikologi Industri Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.

_______. 2003. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Frasser, T.M. 1993. Stress dan Kepuasan Kerja. (Terjemahan ILO). Swiss: Genewa.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donelly, J.H. 1996. Organisasi: Perilaku Struktur Proses Jilid II (Edisi kelima). Alih Bahasa:

Naudia, M.N. Jakarta: Erlangga.

Greenberg, J., dan Baron, R.A. 1993. Behavior in Organization. (4th ed). Boston: Allyn & Bacon.

Hasibuan, S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi

Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Jewell, L.N., dan Siegall, M., 1998. Psikologi Industri Organisasi Modern. Alih Bahasa oleh Danuyasa. Jakarta: PT. Arcan.

Lestari, Rizaldi dan Djunaedi. 2001. Hubungan Kecocokan Tipe Kepribadian Dan Model Lingkungan Kerja Konvensional Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Administrasi PT. KTSM. Jurnal Psikologi Vol 7 Maret 2001.

Martoyo, S. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Munandar. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Muyasyaroh, S. 2007. Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Intensi Turnover Pada Karyawan di CV. Kalingga Jati Furniture. Skripsi. (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung.

Robin, S. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.

Septianingrum, F. 2004. Hubungan Antara Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja karyawan PT. Euro RSCG Strike Force Region Semarang. Skripsi. (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katholik Soegijapranata.

Thoha, M. 1998. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Cetakan kedua. Jakarta: CV. Rajawali.

Walgito, B. 1993. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.9.2.61-74

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat