PENERIMAAN DIRI PADA PEREMPUAN PEKERJA SEKS PENDERITA HIV/AIDS

Fitriatun Khasanah, Luh Putu Shanti Kusumaningsih

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerimaan diri pada perempuan pekerja seks yang menderita HIV / AIDS. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor melatarbelakangi perempuan bekerja sebagai PSK dan dinamika penerimaan dirinya yang berstatus sebagai orang dengan HIV/AIDS. Metode yang digunakan yaitu fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah tiga orang yaitu dua remaja pekerja seks komersial penderita HIV/AIDS dan satu perempuan dewasa pekerja seks komersial penderita HIV/AIDS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan seorang remaja bekerja sebagai PSK adalah alasan ekonomi. Selain itu, perempuan pekerja seks penderita HIV/AIDS usia remaja diketahui masih belum dapat menerima dirinya yang berstatus sebagai ODHA di masyarakat. Namun, pada perempuan dewasa yang bekerja sebagai pekerja seks dan ODHA diketahui lebih dapat menerima keberadaan dirinya dengan baik.

 

Kata kunci: Penerimaan Diri, HIV/AIDS, Perempuan Pekerja Seks


Keywords


penerimaan diri; HIV/AIDS; Perempuan Pekerja Seks

Full Text:

PDF

References


Bogdan, Robert., Taylor, J. Steven. (2008). Introduction to Qualitative Research Methods. Third Edition. Singapore: Mc.Graw Hill.

Dewi, Setiawati., Nur. (2008). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal: Media Ners Vol. 2, No. 1, Mei 2008.

Florentina, R.S. (2008). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. Jurnal: Psiko-Edukasi, Vol 6:21-33.

Kartono, K. (2011). Patologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Laksana, D., Saprasetya, Agung & Lestari, D.W, Agung. (2002). Faktor- Faktor Resiko Penularan HIV/AIDS pada Laki-Laki dengan Orientasi Seks Heteroseksual dan Homoseksual di Purwokerto. Jurnal: Mandala of Health Vol.4, No.2, Mei 2010.

Lestari, Winda., Dwi. (2014). Penerimaan Diri dan Strategi Coping pada Remaja Korban Perceraian Orang Tua. Jurnal: eJurnal Psikologi Vol. 2, No.1, 2014.

Poerwandari. (2001). Qualitative Research Methodology. LPSP3 : Universitas Indonesia.

Poerwandari. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Perfecta




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.10.1.61-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat