Systematic Literature Review on Disrupting Intergenerational Transmission of Child Maltreatment

Dwi Wahyuningsih Choiriyah

Abstract


Kajian pustaka ini mendefinisikan intergenerational transmission (transmisi intergenerasi) sebagai proses yang disengaja maupun tidak disengaja dalam memberikan perlakuan yang salah pada anak dari generasi sebelumnya. Perlakuan yang salah tersebut secara psikologis dapat memengaruhi perlakuan orangtua kepada generasi selanjutnya. Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkritisi terjadinya transmisi intergenerasi perlakuan yang salah pada anak. Transmisi intergenerasi perlakuan yang salah pada anak dapat dipatahkan atau diputuskan siklusnya dengan adanya hubungan yang harmonis dengan pasangan. Literatur diambil dari website perpustakaan digital Universitas Airlangga (www.lib.unair.ac.id), Proquest, ERIC (Education Resources Information Center), dan google scholar. Artikel-artikel yang relevan pada populasi umum (general population) dan beresiko (at risk population) diseleksi untuk menyusun artikel ini. Kajian naratif dilakukan dengan mengungkapkan kelebihan dan kelemahan dalam pemberian tritmen dan hubungan dengan pasangan pada subjek yang mengalami perlakuan salah dari generasi sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan yang stabil dan penuh kasih sayang dari pasangan dapat memutus siklus transmisi intergenerasi perlakuan yang salah pada anak. Kelemahan dalam penelitian mengenai transmisi intergenerasi perlakuan yang salah pada anak yaitu terbatasnya metode penelitian yang digunakan. Metode studi kasus dan penelitian longitudinal dilakukan untuk mengetahui proses transmisi intergenerasi tersebut. Kelebihan yang ditemukan dalam kajian ini, yaitu adanya harapan positif di kemudian hari bahwa siklus perlakuan yang salah dapat dicegah  keberlanjutannya dengan terapi dan atau hubungan yang harmonis dengan pasangan. Hal ini dapat pula digunakan sebagai acuan dalam penyusunan intervensi pada fenomena tersebut.

 

Kata Kunci: intergenerational cycle, child maltreatment, parent-child relationship, attachment, romantic relationship, child abuse


Keywords


intergenerational cycle; child maltreatment; parent-child relationship; attachment romantic relationship; child abuse

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.10.1.22-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat