PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA LUAR JAWA DITINJAU DARI PERSEPSI LINGKUNGAN DAN JENIS KELAMIN

Usbi; Agustin Raula; Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris penyesuaian diri mahasiswa luar jawa ditinjau dari persepsi lingkungan dan jenis kelamin di Fakultas Psikologi UNISSULA. Hipotesis pertama yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara persepsi lingkungan terhadap penyesuaian diri mahasiswa luar jawa, dan hipotesis kedua dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan antara penyesuaian diri laki-laki dan perempuan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa luar jawa di Fakultas Psikologi UNISSULA. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah studi populasi dengan jumlah sampel 86 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi spearman dan uji T (Mann-Whitney). Hasil analisis data untuk hipotesis pertama diperoleh nilai korelasi rxy = 0,529 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi lingkungan dengan penyesuaian diri mahasiswa luar jawa. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa makin tinggi persepsi lingkungan makan makin tinggi pula penyesuaian diri mahasiswa luar jawa, begitu sebaliknya makin rendah persepsi lingkungan maka makin rendah pula penyesuaian diri mahasiswa luar jawa. Berdasarkan penjelasan diatas menunjukkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis data untuk hipotesis kedua diperoleh nilai p = 0,083(p > 0,05). Hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan antara  penyesuaian diri laki-laki dan perempuan. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. Sumbangan efektif persepsi lingkungan terhadap penyesuaian diri sebesar 26,3 persen.

Kata kunci : Penyesuaian diri, persepsi lingkungan, jenis kelamin


Keywords


Penyesuaian diri; persepsi lingkungan; jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Rohmah, A.F. 2004. Pengaruh Pelatihan Harga Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja. Humanitas (Indonesia Psychological Journal). Vol.1, No.1, h.61-70.

Irene, S, Sitorus, S, Warsito, H. 2013 Perbedaan Tingkat Kemandirian Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Suku Batak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Character, Vol.01, No.02, tahun 2013.

Gerungan, W. A, (2009). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hadi, S, (2001). Metode Reserach. Jilid 1. Yogyakarta. Andi Offset

Handayani, A. 2002. Minat Kerja Sebagai Sales Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Harga Diri. Sultan Agung. Vol. XV No. 90, Oktober-Desember 2002.

Chaplin, JP. (2006). Kamus lengkap psikologi. Alih bahasa: Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kerlinger, F. N. (2004). Asas-asas penelitian behavioral. (H. J.

Koesoemanto, Ed., & L. R. Simatupang, Trans.) Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Ali, M. & Asrori, M. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Perserta Didik).

Jakarta: PT Bumi Aksara

Walgito, B. 2001. Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset

Fatimah Enung, 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.10.1.10-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat