Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Karir Masa Depan Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa

Rusma Apriliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Subjek penelitian melibatkan 201 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi skripsi dengan reliabilitas (α = 0,855), skala kecemasan terhadap karir masa depan dengan reliabilitas (α = 0,909), dan skala konsep diri akademik (α = 0,854). Berdasarkan analisa menggunakan teknik regresi dua prediktor dihasilkan korelasi R sebesar 0,648, Fhitung sebesar 71.609 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (pada p ˂ 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Hasil perhitungan korelasi parsial menunjukkan nilai korelasi ryx1-x2 = 0,194 dengan taraf signifikansi p = 0,006 (pada p < 0,01). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecemasan terhadap karir masa depan dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Hipotesis ketiga untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi ryx2-x1 = −0,566 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p < 0,01). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik bersama-sama memberikan sumbangan efektif atau pengaruh sebesar 42,00% terhadap prokrastinasi skripsi, sedangkan sisanya 58,00% dipengaruhi oleh faktor lain. Kecemasan terhadap masa depan karir memberikan pengaruh sebesar 6,27% terhadap prokrastinasi skripsi, sedangkan konsep diri akademik memberikan pengaruh sebesar 35,73%.


Keywords


Prokrastinasi Skripsi; Kecemasan Terhadap Karir Masa Depan; Konsep Diri Akademik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.11.1.24-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat