HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL MEANING OF MONEY DAN KONSEP DIRI DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS PADA KARYAWAN PT “X†BERSUKU JAWA

Mita Meylina Rizki, Erni Agustina Setiowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara psychological meaning of money dan konsep diri dengan gaya hidup hedonis pada karyawan PT “X†yang bersuku Jawa. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 122 orang yang dipilih menggunakan incidental sampling dari populasi PT “X†di Jawa Tengah. Alat ukur yakni skala gaya hidup hedonis terdiri dari 25 pernyataan, reliabilitas α= 0,956. Skala psychological meaning of money terdiri dari 27 pernyataan, reliabilitas α = 0,911. Skala konsep diri terdiri dari 15 penyataan, reliabilitas α = 0,855. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara psychological meaning of money dan konsep diri dengan gaya hidup hedonis pada karyawan PT “X†bersuku Jawa dengan R= 0,745, F= 74,423 p= 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisi korelasi parsial diketahui ada hubungan positif yang signifikan antara psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis dan ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara variabel konsep diri dengan gaya hidup hedonis. Analisis tambahan lain yaitu hasil survey melalui soal essay yang diberikan untuk mengetahui pengetahuan responden mengenai nilai gemi, nastiti, lan ati-ati menunjukkan bahwa 20% responden mengetahui dengan baik konsep gemi, nastiti, lan ati-ati, 80% responden tidak mengetahui nilai tersebut.


Keywords


Gaya Hidup Hedonis; Psychological Meaning of Money; Nilai Kebudayaan Jawa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.11.1.1-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat