HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU MEMBELI BLACKBERRY PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNISSULA ANGKATAN 2009

Wigas Nugaraha Ramakastin

Abstract


Perilaku membeli adalah suatu kegiatan seseorang yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang atau jasa. Peningkatan pola konsumsi sesorang akan di pengaruhi oleh latar belakang sosialnya dan memiliki ikatan yang kuat dengan kelompoknya, seseorang akan mengikuti apa saja yang sarankan kelompoknya. Perilaku ikut-ikutan ini dalam istilah psikologi adalah konformitas. Konformitas adalah perubahan perilaku sebagai usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok acuan. Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara konformitas dengan perilaku membeli Blacberry pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISSULA angkatan 2009. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 75 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konformitas dan skala perilaku membeli Blackberry. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = 0.198 dengan p = 0,044 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku membeli BlackBerry pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISSULA angkatan 2009. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi pula perilaku membelinya, sebaliknya semakin rendah konformitas maka semakin rendah pula perilaku membelinya.

Kata Kunci : konformitas, perilaku membeli


Keywords


konformitas; perilaku membeli

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.10.1.20-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat