MODIFIKASI PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MEMPERHATIKAN PADA SISWA SD YANG MENGALAMI GEJALA GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)

Titin Suprihatin

Abstract


Salah satu masalah anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) adalah dalam hal prestasi akademik. Rendahnya prestasi di sekolah disebabkan karena ketidakmampuan untuk memperhatikan (inattentive), perilaku impulsif dan mengganggu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh token ekonomi terhadap perilaku memperhatikan dan perilaku mengganggu yang dilakukan dalam setting kelas. Subjek penelitian terdiri dari dua anak yang didiagnosis mengalami gejala GPPH. Desain penelitian menggunakan reversal design ABAB. Observasi perilaku digunakan untuk melihat peningkatan perilaku memperhatikan dan penurunan perilaku mengganggu. Analisis data menggunakan visual inspection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan token ekonomi efektif dalam meningkatkan perilaku memperhatikan dan mengurangi perilaku mengganggu pada subjek.

Kata kunci: GPPH, perilaku memperhatikan, perilaku mengganggu, token ekonomi


Keywords


GPPH; perilaku memperhatikan; perilaku mengganggu; token ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.9.2.15-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat