HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN RASA EMPATI PADA MAHASISWI PENDAKI GUNUNG DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Dita Nurlitasari, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara rasa empati dengan kematangan emosi pada mahasiswi pendaki gunung di Universitas Islam Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi populasi sebagai pengambilan subjek, yaitu sebanyak 53 mahasiswi pendaki gunung. pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala rasa empati dan skala kematanganemosi. Skala rasa empati terdiridari 36 item dan skala kematangan emosi terdiri dari 39 aitem. Uji daya beda skala  rasa empati berkisar antara 0,305 sampai dengan 0,570 dengan estimasi 0,883. Uji daya beda skala kematangan emosi berkisar antara 0,308 sampai 0,713 dengan estimasi 0,930.  Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil uji hipotesis koefisien korelasi rxy = 0,785 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01).  Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dan ada hubungan positif yang sangat signifikanantara rasa empati dengan kematangan emosi pada mahasiswi pendaki gunung di Universitas Islam Sultan Agung. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar  0,617 yang berarti, kematangan emosi member sumbangan efektif sebesar 61,7% terhadap rasa empati.


Keywords


KematanganEmosi; Rasa Empati

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.1.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat