PERSEPSI TERHADAP PERILAKU TINDAK KRIMINAL DITINJAU DARI KEPRIBADIAN THE BIG FIVE & STATUS HUKUM WANITA NARAPIDANA & WANITA NON NARAPIDANA

Kiki Rasdian Ningsah, Joko Kuncoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi terhadap perilaku tindak kriminal ditinjau dari kepribadian The Big Five & status hukum wanita narapidana & wanita non narapidana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Subjek penelitian adalah wanita narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II.A Wanita Bulu Semarang, dan wanita non narapidana di daerah Kaligawe Kota Semarang. Sampel penelitian berjumlah 50 wanita narapidana dan 50 wanita non narapidana. Metode pengambilan sampel menggunakan quota sampling untuk subjek wanita narapidana dan accidental sampling untuk wanita non narapidana. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 2 skala, skala persepsi terhadap perilaku tindak kriminal dan skala kepribadian The Big Five. Pengolahan data menggunakan statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi terhadap perilaku tindak kriminal ditinjau dari kepribadian The Big Five & status hukum wanita narapidana dan wanita non narapidana. Kelompok (wanita narapidana & wanita non narapidana) menghasilkan nilai F = 1,663 dengan taraf signifikan = 0,200 (p>0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi terhadap perilaku tindak kriminal baik pada wanita narapidana maupun wanita non narapidana. Kepribadian The Big Five menghasilkan nilai F = 0,171 dengan taraf signifikan 0,843 (p>0,05), hasil tersebut menunjukan bahwa tidak ada perbedaan persepsi terhadap perilaku tindak kriminal ditinjau dari kepribadian The Big Five. Kelompok dan kepribadian The Big Five menghasilkan nilai F = 0,232 dengan taraf signifikan 0,631 (p>0,05), hasil tersebut menunjukan bahwa tidak ada perbedaan persepsi antara kelompok (wanita narapidana & wanita non narapidana) dan kepribadian (Agreeableaness, Consientiousness, dan Neuroticsm) terhadap perilaku tindak kriminal.

Keywords


persepsi terhadap perilaku tindak kriminal; kepribadian The Big Five

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.1.27-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat