PENGETAHUAN TENTANG PEDOFILIA DAN KECEMASAN TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL PADA ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Misfatur Ruhma, Erni Agustina Setiowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara pengetahuan tentang pedofilia dengan kecemasan terhadap kekerasan seksual pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa di SLB X Kota Semarang dengan karakteristik tuna grahita TKLB (21 orang) hingga SDLB (156 orang) berjumlah 177 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecemasan dan angket pengetahuan tentang pedofilia. Skala kecemasan terdiri dari 34 aitem dengan daya beda aitem bergerak antara 0,343 sampai dengan 0,609 dengan koefisien reliabilitas α = 0,908 dan angket pengetahuan tentang pedofilia terdiri dari 44 aitem dengan koefisien reliabilitas α = 0,953.   
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment diperoleh koefisien korelasi rxy = -0,457 dengan taraf signifikasi sebesar 0,001 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara pengetahuan tentang pedofilia dengan kecemasan orang tua terhadap kekerasan seksual pada anak berkebutuhan khusus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah pengetahuan maka semakin tinggi kecemasan.  

Kata kunci: pengetahuan, kecemasan, pedofilia. 


Keywords


Pengetahuan; Kecemasan; Pedofilia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.59-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat