PRASANGKA DAN DISKRIMINASI

Joko Kuncoro

Abstract


The killing of Americans and their civilian and military allies is a religious duty for each and every Muslim....We--with God's help--call on every Muslim who believes in God and wishes to be rewarded to comply with God's order to kill Americans and plunder their money whenever and wherever they find it.
[The September 11th attack] gave a harsh lesson to these arrogant peoples, for whom freedom is but for the white race...God willing, Amarica`s end is near.
(Osama Bin Laden, in a February, 1998, appeal to Muslims, and a videotaped statement in the fall of 2001)(www.understandingprejudice.org, January, 31th 2008).


Petikan ungkapan di atas merupakan refleksi kebencian yang luar biasa dari satu kelompok (Al Qaeda) terhadap kelompok lain (Amerika dan sekutunya). Ekspresi kebencian tersebut merupakan salah satu akibat dari bangunan prasangka yang tumbuh selama bertahun-tahun sebagai respon atas praktik diskriminasi pemerintah Amerika terhadap umat muslim di berbagai wilayah di dunia sampai saat ini.
Prasangka dan diskriminasi telah berlangsung sejak zaman dulu. Hitler yang mengobarkan Perang Dunia I untuk memurnikan ras Arya sebagai ras unggulan dan memusnahkan ras lainnya yang dianggap mencemari, sampai dengan pembersihan etnis muslim di Bosnia dan yang paling mutakhir adalah yang terjadi di Kenya, perang antara suku Kikuyu dengan suku Luo.
Peristiwa memilukan tersebut akan terus berlangsung jika tidak terjadi perubahan pandangan antara kelompok satu dengan yang lain. Artikel ini mencoba memberikan beberapa rekomendasi yang sebaiknya dilakukan untuk menghilangkan atau minimal mengurangi prasangka dan diskriminasi antar kelompok.


Keywords


prejudice; discrimination

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.2.2.1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat