SUBJECTIVE WELL BEING PADA GENERASI Z SANTRI PTYQ REMAJA KUDUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan subjektif pada generasi Z santri pondok pesantren tahfidz yanbu'ul Qur'an Remaja (PTYQR). Penelitian ini diperjelas dengan pertanyaan penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi kesejahteraan subjektif . Penelitian ini menggunakan teori kesejahteraan subjektif dari Diener et, al (2002) dan teori generasi Z dari Stillman & Stillman (2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif kasus intrinsik dengan analisis tematik theory driven. Penelitian ini melibatkan tiga orang peserta usia 18 tahun berjenis kelamin laki-laki santri pondok pesantren tahfidz yanbu'ul qur'an remaja. Peserta ketiga memiliki pengalaman yang sama yaitu siswa MA NU TBS Kudus Santri Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Remaja (PTYQR). Teknik data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dengan wawancara sebanyak tiga kali pada masing-masing partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para partisipan yang memiliki kesehatan positif dipengaruhi oleh keberhasilan dalam menghadapi beban akademik, dukungan dari orang tua serta hubungan positif dengan teman dan guru.
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arwaniyyah.com 2020 http://arwaniyyah.com/profil/?kategori=Pendidikan&unit=12 di akses pada 15 September 2021.
A’yun, M. Q., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2018, September). Gambaran subjective well being pada remaja perempuan di pondok pesantren. In Temu Ilmiah Psikologi Positif I. Seminar dan Call for Paper" Positive Psychology in Dealing with Multigeneration". Universitas Pertamina Jakarta.
Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3). DOI: 10.7441/joc.2016.03.06
Boyatzis, R. E. (1998). Transforming qualitative information: Thematic analysis and code development. sage.
Csobanka, Z. E. (2016). The Z generation. Acta Technologica Dubnicae, 6(2), 63-76. DOI: 10.1515/atd-2016-0012
Dewi, L., Tentama, F., & Diponegoro, A. M. (2021). Subjective well-being: Mental health study among student in the Islamic boarding school. International Journal of Public Health, 10(1), 146-158. DOI: 10.11591/ijphs.v10i1.20610
Diener, E. & Tov, W. (2013). Subjective well-being. Research Collection School of Social Science, Vol. 63, 421-440
Diener, E. (2009). Positive psychology: Past, present, and future. Oxford handbook of positive psychology, 2, 7-11.
Diener, E., & Suh, E. M. (2000). Measuring subjective well-being to compare the quality of life of cultures. Culture and subjective well-being, 3-12.
Diener, E., Lucas, R. E., & Oishi, S. (2002). Subjective well-being: The science of happiness and life satisfaction. Handbook of positive psychology, 2, 63-73.
Fudyartanta, K. (2017). Pengantar psikodiagnostik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamdana, F., & Alhamdu, A. (2015). Subjective Well-Being Dan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi Man 3 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 115-124.
Hamdana, F., & Alhamdu, A. (2015). Subjective well-being siswa MAN 3 Palembang yang tinggal di asrama. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 95-104.
Liamputtong, P. (2009). Qualitative research methods.
http://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/page/sma diakses pada 13 September 2021.
Neuman, W. L. (2013). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson education.
Rahmi, F., Hasnida, R., & Wulandari, L. H. (2019). Effect of Academic Resilience on Subjective Well-Being of Students in Islamic Boarding Schools. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, Volume 4, Issue 3, pp. 347-349, 2019.
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid I.(B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
http://20317805.siap-sekolah.com/data-siap/siswa-daftartingkat/ diakses pada 13 September 2021
Stillman, D. & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja, (Edisi 1). Jakarta: Gramedia.
Yuliyanto, A., & Indartono, S. (2019). The Influence of Spiritual Quotient Toward Subjective Well-Being of Student of Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta High School. International Journal of Management and Humanities (IJMH). DOI: 10.35940/ijmh.L0342.0831219
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.16.2.183-197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.