HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

Frita Emita Garnis, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Siswa yang baru saja memasuki jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) tentunya akan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan suasana yang baru. Namun, dalam praktiknya tidak jarang mengalami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo yang berjumlah 420 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 191 siswa dengan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri (α = 0,900) dan skala penyesuaian diri (α = 0,882). Teknik analisis data menggunakan korelasi product-moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,725 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Pengaruh konsep diri terhadapa penyesuaian diri dalam penelitian ini sebesar 57,7%.


Keywords


konsep diri; penyesuaian diri; siswa kelas X

Full Text:

PDF

References


Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja Kelas X SMA Angkasa I. Jurnal Humaniora, 2.

Astutik, W., Astuti, I., & Yusuf, A. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas x SMA Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.

Gunawan, R., Jahada, & Aspin. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Bening, 3(2), 19–27.

Hendriati Agustiani. (2009). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja (kedua; Drs. Dadi Pakar, Ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayat, N. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Salat Duha Secara Istiqomah Terhadap Penyesuaisn Diri Remaja. 52.

Iqbal. (2019). Madrasah Aliyah. Wikipedia. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_aliyah

Islami, A., Hidayatullah, M. S., & Erlyani, N. (2020). No Title. Hubungan Kepuasan Siswa Terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Martapura. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1449

John W. Santrock. (2012). Life Span Development Perkembangan Masa-Hidup (Ketigabela; Novietha I. Sallama, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grebb, J. A. (1997). Sinopsis Psikiatri : Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis (Jilid 2). Jakarta: Binarupa Aksara.

Ki Fudyartanta. (2012). Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuswono. (2013). Pendidikan Karakter Pola Muhammadiyah (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 1 san MA Muallimn Yogyakarta). Guidena, 3(1), 43–49.

Lathifah, S. A. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Remaja Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta.

Lestari, D., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Dan Siswi Kelas Vii Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Empati, 6(4), 307–312.

Rufaida, H. R., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Dari Sumatera Di Universitas Diponegoro. Empati, 6(3), 217–222.

Saputri, B. A., Psikologi, F., & Soegijapranata, U. K. (2017). Penyesuaian Diri Pada Peserta Didik Kelas X SMK.

Soeparwoto. (2004). Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.16.1.92-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat