PSIKOTERAPI SUPORTIF PADA PENDERITA SKIZOFRENIA HEBEFRENIK

Anisa Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoterapi suportif pada penderita skizofrenia hebefrenik. Skizofrenia hebefrenik memiliki onset awal. Gejala-gejala dapat muncul dari usia remaja atau dewasa awal yang merupakan usia produktif untuk memulai mempersiapkan berbagai peran bagi masa depan. Prognosis seringkali lebih buruk dibandingkan dengan tipe lain jika tidak mendapatkan penanganan secara tepat.. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen kasus tunggal dengan seorang subjek laki-laki yang didiagnosis mengalami skizofrenia hebefrenik dan telah mengalami kekambuhan sebanyak tiga kali. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara mendalam, tes psikologi, dan pengukuran kondisi subjek antara sebelum dan sesudah menjalani psikoterapi suportif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikoterapi suportif dapat membantu penderita skizofrenia hebefrenik mempersiapkan diri untuk kembali menjalankan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat perubahan dalam aspek pikiran, perasaan, dan perilaku yang lebih adaptif sehingga dapat menurunkan kemungkinan kekambuhan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa psikoterapi suportif akan lebih efektif jika melibatkan peran keluarga secara aktif.

 


Keywords


Psikoterapi suportif; skizofrenia, hebefrenik

Full Text:

PDF

References


Agustina. (2017). Penerapan terapi suportif pada pasien skizofrenia dengan masalah keperawatan perilaku kekerasan di ruang kenari rumah sakit jiwa menur surabaya. Tesis. Universitas Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-14617.html diakses pada tanggal 1 April 2017.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1993). Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Eddy, F.N.E., Septa, T., Angraini, D.I. (2017). Diagnosis dan tatalaksana skizofrenia hebefrenik putus obat dengan Logorrhea. J Medula Unila. Vol 7 No. 3 hal. 17-21.

Fiona K. (2013). Pengaruh dukungan sosial terhadap kualitas hidup penderita skizofrenia. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Universitas Airlangga. Vol. 2 (3). hal. 106-13.

Harkoma, I., Arif Y., Basmanelly. (2018). pengaruh terapi social skills training (sst) dan terapi suportif terhadap keterampilan sosialisasi pada klien skizofrenia di rumah sakit jiwa daerah provinsi jambi. Indones. J.Heal. Sci., Vol. 2, no.1, hal.61-65

Hendarsyah F. (2016) Diagnosis dan tatalaksana skizofrenia paranoid dengan gejala-gejala positif dan negatif. J Medula Unila. 4(3):58-63.

Herdman, T. H. (2015). NANDA International Nursing Diagnoses: Definitions & Classification, 2015 – 2017: Oxford: Wiley-Blackwell

Ibrahim, A. S. (2011). Skizofrenia Spliting Personality. Tangerang: Jelajah Nusa

Millon, T. (1969). Modern Psychopathology. Ontario: W.B.Saunders Company

Mutiara. (2017). Penerapan Terapi Suportif untuk Meningkatkan Manajemen Emosi Negatif pada Individu yang Memiliki Pasangan Skizofrenia. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol. 1, No. 1, April. Hal. 105-115.

Palmer, Stephen. (2011). Introduction To Counselling and Psychoterapy: The Essential Guide (Konseling dan Psikoterapi), diterjemahkan oleh Sage Publication Ltd. Yogyakarta: Bandung.

Pardede, S. (2017). Penerapan terapi suportif dengan teknik bimbingan untuk mengurangi dorongan bunuh diri pada pasien skizofrenia. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1. Hal. 89-96.

Pilpala, Triharim.K.S. (2013). terapi supportif dan psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman diri pada penderita skizofrenia paranoid. Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, Volume I (I), 46 – 51.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. http://www.depkes.go.id. Diakses pada tanggal 1 April 2017.

Wahyuningsih, S. (2017). Teori katarsis dan perubahan sosial. Jurnal Komunikasi. Vol. XI, No. 1. Hal. 39-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.2.123-133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat