PERILAKU BERBELANJA SECARA ONLINE DITINJAU DARI GAYA HIDUP HEDONIS PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

Ega Rengganis, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku membeli secara online pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula Semarang. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswi angkatan 2013 Fakultas Psikologi Unissula Semarang dengan sampel sebanyak 57 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Skala yang dipakai dalam penelitian ini adalah skala perilaku membeli online dan skala gaya hidup hedonisme. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara perilaku membeli secara online dengan gaya hidup hedonisme, artinya makin tinggi gaya hidup hedonisme maka makin tinggi perilaku membeli secara online, dan sebaliknya makin rendah gaya hidup hedonisme maka makin rendah pula perilaku membeli secara online.


Keywords


Perilaku membeli online; gaya hidup hedonisme

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. 2005.The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior andHuman Decision Processes.Vol. 50, h.179-211.

Anggraini, E. 2012.Pengalaman Komunikasi Konsumen Wanita dengan Gaya Hidup Brand Minded.Naskah Publikasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Arieffy, S. 2008. Dugem: Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol.10.

Babin, JB. 2004. Work and or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value.Journal of Consumer Research. Vol 20, pp. 91-100.

Barten, K. 2002. Etika. Jakarta: Gramedia.

Brigham, JC. 2004. Social Psychology.Canada: Litle, Brown & Company.

Dayakisni, T.&Yuniardi, S. 2004.Psikologi Lintas Budaya. Malang: UMM Press.

Ellitan, L. 2008.Supply Chain Management. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P.W., 1995. Consumer Behavior.Eight edition. Orlando: The Dryden Press.

Karlina, A. 2016. Hubungan Gaya Hidup Hedonis dan Jenis Pekerjaan terhadap Penerimaan Diri Menghadapi Pensiun padaPegawai Negeri Sipil di Kota Samarinda. eJournal Psikologi. Vol. 4 (1), h.144-155.

Kotler, P. & Amstrong, G. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid II Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. & Amstrong, G. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Levant`s & Linda. 2003. What Is Metroseksual Eaurosel. Journal of International. New Delhi.

Mangkunegara, AAAP. 2012. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Bandung: PT. Refika Aditama.

Martha, Dkk. (2008). Correlation Among Self EsteemWith a Tendency Hedonist Lifestyle of Student Dipo¬negoro University. Journal of Applied Psychology. Semarang: FAPSI UNDIP..

Myers, GE.& Myers, MT. 2005. The Dynamics Human Comunications.Singapore: McGraw-Hill.

Ollie. 2008. Membuat Toko Online dengan Multiply. Jakarta: Media Kita.

Ozen, H. & Engizek, N. (2014). Shopping Online Without Thinking: Being Emotional or Rational? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. Vol. 26(1), h.78-93.

Prabowo dan Suwarsi. 2009. Pengaruh Shopping Orientations dan Gender Differences pada Online Information Search dan Online Purchase. Fokus Manajerial. Vol. 7, No. 2.

Praja, DD. & Damayantie, A. 2013. Potret Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Lampung). Jurnal Sociologie. Vol. 1, No. 3, h.184-193.

Rumlus, KW.& Junaedi, S. 2015. Pengaruh Risiko-Risiko Pembelian padaSikap dan Perilaku Pembelian secaraOnline.Jurnal. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Sari, CA. 2015.Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet. Vol.IV/No.2/Juli 2015, h.205-216.

Schiffman, L. & Kanuk, LL. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Sumarwan, U. 2010. Perilaku Konsumen, Teori danPenerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Susianto. 1993.Studi Gaya Hidup Sebagai UpayaMengenali Kebutuhan Anak Muda.JurnalPsikologi dan Masyarakat.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia

Swastha, B. & Handoko, H. 2005. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Thohiroh, AQ.& Yuwono, S. 2015. Perilaku Konsumtif Melalui Online ShoppingFashionpada Mahasiswi Fakultas Psikologi UniversitasMuhammadyah Surakarta.Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Triyaningsih, SL. 2011. Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Dalam http://ejournal.unisridigilib.ac.id/index.php/Ekonomi/article/download/66/39

Widjaja, BT. 2009. Life Style Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.1.35-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat