STRATEGI SELF PRESENTATION PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM

Trisna Septia Ningsih, Gumi Langerya Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi yang dilakukan remaja dalam melakukan self presentation dan juga apakah terdapat perbedaan pada remaja dalam melakukan strategi self presentation berdasarkan tingkatan remaja. Karena masing-masing remaja memiliki strategi tersendiri dalam memperlihatkan dirinya di sosial media instagram. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitaif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 121 remaja yang ada di kota Bukittinggi. Data pada penelitian ini dianalisis dengan mencari nilai mean dan standar deviasi, dan juga uji analisis kruskal wallis serta mann withney. Strategi ingratiation berada di kategori sedang, intimidation kategori tinggi, self promotion kategori sedang dan rendah, exemplication kategori sedang dan supplication kategori sedang. Hasil uji beda ditemukan hanya pada strategi exemplication yang terdapat perbedaan berdasarkan tingkatan remaja karena nilai (P)<0,05, yaitu antara remaja madya dengan remaja akhir.


Keywords


strategi self presentation; remaja; pengguna instagram

Full Text:

PDF

References


Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia (2018). Penetrasi & profil perilaku pengguna internet indonesia.

Aliana. S. S. (2015). Wanita ini babak belur dipukuli teman kencan online. Diakses pada tanggal 06 februari 2015 diperoleh dari http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/586439

Barker, V. (2009). Older adolescents ’ motivations for social network site use : the influence of gender , group identity, and collective self esteem, 12(2). https://doi.org/10.1089/cpb.2008.0228

Davis, K. (2012). Tensions of identity in a networked era: young people’s perspective on the risks and rewards of online self-expression, 634–651. https://doi.org/10.1177/1461444811422430

Goffman, E. (1956). The presentation of self in everyday life.

Herring, S. C., & Kapidzic, S. (2011). Gender , communication , and self-presentation in teen chatrooms revisited : have patterns changed ?, 17, 39–59. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2011.01561.x

Heny, G. (2015). Korelasi media sosial instagram dengan presentasi diri mahasiswa jurusan ilmu komunikasi universitas riau, 2(2), 1–15.

Jones, E.E.,& Pitman, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic self-presentation.

Lenhart, A., & Madden, M. (2007). Teens , Privacy & Online Social Networks How teens manage their online identities and personal information in the age of Findings.

Lee, S., Quigley, B. M., Nesler, M. S., Corbett, A. B., & Tedeschi, J. T. (1999). Development of a self-presentation tactics scale. Perspnality and Individual Differences, 26.

Manago, A. M., Graham, M. B., Green, P. M., & Salimkhan, G. (2008). Journal of Applied Developmental Psychology Self-presentation and gender on MySpace, 29, 446–458. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2008.07.001

Nilsson, M. (2016). "First, let me take a selfie"-young adults self presentation on instagram,1-51.

Ningrum, D.W. (2014). demi selfie cantik, triana operasi plastik ratusan juta rupiah. Diakses tanggal 07 februari 2015 diperoleh dari http://tekno.liputan6.com/read/2042789

O’Keffe, G., & Pearson, K. (2011). Clinical Report — the impact of social media on children ,adolescents , and families abstract. american academy of pediatrics. https://doi.org/10.1542/peds.2011-0054

Peluchette, J. O. Y., Karl, K., & Ph, D. (2008). Student Attitudes Regarding Use and Appropriateness of Content, 11(1), 95–97. https://doi.org/10.1089/cpb.2007.9927

Perrin, Andrew.(2016). Social Media Usage:2005-2015 65% of Adults Now Use Social Networking Sites-A Nearly Tenfold Jump In The Past Decade, US : Pew Reseach center.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja, (April), 51–65.

Puspitasari, F. I. (2015). Kebutuhan remaja untuk mengirim foto atau video di instagram, 2(2), 461–472.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja, 17, 25–32.

Salim, F., Rahardjo, W., Tanaya, T., & Qurani, R. (2017). Are self-presentation of instagram users influenced by friendship-contingent self-esteem and fear of missing out ?, 21(2), 70–82. https://doi.org/10.7454/mssh.v21i2.3502

Siregar, T, (2014). Statistika deskriptif untuk penelitan: dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Jakarta:Rajawali pers

Smith, L. R., & Sanderson, J. (2015). I ’ m going to instagram it! an Analysis of athlete self-presentation on instagram, 59(2), 342–358. https://doi.org/10.1080/08838151.2015.1029125

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Bandung: alfabet

Tech, G., & Shamma, D. A. (2016). Faces engage us : photos with faces attract more likes and comments on instagram, (June). https://doi.org/10.1145/2556288.2557403




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.2.172-181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat