Pengembangan Flipbook Interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air

Adhe Putri Mursidi, Irfan Wahyu Prananto, Fadhila Arifani, Risha Setyawati

Abstract


Pendidikan di abad 21 mengharuskan guru untuk dapat menguasai berbagai keterampilan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ITC). Namun pada realitanya, masih minimnya penggunaan media yang bervariasi bagi siswa. sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, peneliti memiliki gagasan solutif berupa media flipbook interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Adapun model prosedural yang digunakan adalah 4D (four-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, terdiri dari empat tahap yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Namun penelitian ini tidak sampai pada tahap penyebaran. Pengembangan media flipbook interaktifmemiliki nilai skor akhir dari ahli media sebesar 4,68 dan dari ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 4,6 dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas V di Sekolah Dasar.

 


Keywords


media, pembelajaran, flipbook, hasil belajar

References


Akbar, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.

Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarisman, S. (2013). PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI MEDIA FLIPCHARTDAN VIDEO DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL DAN GAYA BELAJAR. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 102–119. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2658

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo.

Ismiyanti, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM IPS SD PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–10.

http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.1.1-10

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). In Kemendikbud.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135. Author Version 2.rtf

Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10.

https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6213

Rahmi, P., & Hijriati. (2021). PROSES BELAJAR ANAK USIA 0 SAMPAI 12 TAHUN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGANNYA. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152–155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/9295/5280

Rohmah, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Pembelajaran IPS Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia bagi Siswa Kelas IV B SDN Sompokan Sleman [S1 Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosida, Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 35–45.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

TIM JPTEI FT UNY. (2017). Modul Pelatihan Pengembangan Buku Digital dengan Flipbook. Universitas Negeri Yogyakarta.

Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul pada Pokok Bahasan Turunan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk Siswa SMA Kelas XI. KONFERENSI ILMIAH PENDIDIKAN UNIVERSITAS PEKALONGAN, 1(1), 149–152.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas XII SMA. BioEdu, 10(2), 314–325. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Widoyoko, Ek. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id