Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-Comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi

budi dkk

Abstract


Dunia pendidikan di Indonesia sudah seharusnya semakin diperhatikan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dapat bersaing disertai dengan kepribadian yang positif. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat mengakibatkan banyak peserta didik yang lebih tertarik menggunakan gadget seperti komputer, laptop, HP, tablet daripada kegiatan membaca dari buku cetak terutama buku pelajaran. Kalaupun suka membaca buku cetak pastilah yang memuat banyak gambar seperti komik.Salah satu cara untuk mencapainya yaitu dengan pendekatan pembelajaran yang antara lain pendekatan saintifik (Scientific Approach). Materi limit fungsi merupakan salah satu materi yang susah dipahami oleh siswa. Upaya untuk membantu siswa belajar materi limit yaitu dengan e-komik yang mempunyai kelebihan tidak lapuk, mudah didistribusikan dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran e-komik dengan pendekatan saintifik dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan e-komik.

Penelitian ini adalah penelitian jenis R&D yang  mengembangkan perangkat pembelajaran termasuk RPP dan        e-komiknya. Efektifitas pembelajaran dengan e-komik dapat diketahui dengan menggunakan penelitian eksperimen yang memilih satu kelas kontrol (kelas XI IPA-2) dan satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA-1 dengan cluster random sampling, di mana kelas eksperimen menggunakan e-komik.

Salah satu tahap yang dilakukan pada pengembangan perangkat pembelajaran dengan model 4-D Thiagarajan  adalah tahap validasi. Pada tahap ini perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, TPB, E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi  divalidasi oleh validator. Rata-rata skor yang didapat dari dua validator ahli media adalah 3,25 dan dua ahli materi dengan rata-rata 3,40. Secara keseluruhan peragkat pembelajaran menggunakan E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi valid.

Setelah dilakukan uji terbatas didapat penerapan seperangkat pembelajaran materi limit fungsi hasil dari ujicoba lapangan menunjukkan (1) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 21,26%, (2) rata-rata mahasiswa kelas eksperimen sebesar 74,25 mencapai kriteria ketuntasan; (3) hasil prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar  80,05,  lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 67,02. Kesimpulan yang dapat diambil pembelajaran dengan menggunakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan E-Comic berbasis Scientific Approach materi limit fungsi ini efektif.

 

Kata Kunci: e-komik, pendekatan saintifik (Scientific Approach), limit fungsi


Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. 1997. Psychological Testing and Assessment. Ninth Edition. USA: Allyn and Bacon.

Albornoz, A. 2008. Enterpreneurship Education and Training at The Further Education and Training (FET) Level in South Africa. South African Journal of Education. Vol 27: 83-96

Ali, R, etc. 2011. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement in Mathematics in Problem Based Learning Environment. International Journal of Academic Research. Vol.3 No.1

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Beard, C, & Rhodes, T. 2002. Experiential learning: Using comics trip sas'reflective tools'in adult learning . Australian Journal of Outdoor Education, 6(2): 58-65.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Cocea , M . 2010. Motivation Include or Excluded from E-Learning . available at http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.75.520 [accessed 27/11/2010]

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Esra & Berna. 2010. Prospective Mathematics Teachers’ Views about Using Flash Animations in Mathematics Lessons. International Journal of Social Sciences.Volume 5, Number 3, pp: 154-159

Glenda.2009. Effective Pedagogy in Mathematics.Geneva: IBE publication unit.

Guskey, T. 1982. The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Education Courses.New York.

Kemendiknas. 2013. Keberhasilan kurikulum 2013. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/ (di akses 10 Mei 2014)

Majid, Abdul. 2012. Mobile Learning. Jurnal.UPI.http://jurnal.upi.edu/file/Mobile-learning-ok.pdf, diakses pada 19 Desember 3013.

Sudjana, N. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metoda Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.

Sukiman.2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. 1974.Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyudi, Renni Dwi, dkk., Pemanfaatan Komik Berbasis Narasi dalam Pembelajaran Matematika untuk Perolehan Kecakapan Menyelesaikan Soal Cerita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.